kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45942,45   1,70   0.18%
  • EMAS1.110.000 -1,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Besok (14/11) Hari Diabetes Sedunia, Cek Makanan Agar Penderita Diabetes Tidak Lemas


Senin, 13 November 2023 / 06:05 WIB
Besok (14/11) Hari Diabetes Sedunia, Cek Makanan Agar Penderita Diabetes Tidak Lemas
ILUSTRASI. Besok (14/11) Hari Diabetes Sedunia, Cek Makanan Agar Penderita Diabetes Tidak Lemas


Reporter: Adi Wikanto, Tim KONTAN | Editor: Adi Wikanto

Makanan Penderita Diabetes- Jakarta. Besok hari Selasa, 14 November 2023 adalah hari diabetes sedunia. Simak daftar makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas.

Hari diabetes sedunia menjadi peringatan setiap orang terhadap risiko penyakit tersebut. Di tengah tren gaya hidup tidak sehat, jumlah penderita diabetes semakin banyak.

Peringatan hari diabetes sedunia harus menjadi periode untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyakit tersebut. Pasalnya, sejauh ini belum ada obat diabetes yang mujarab.

Disisi lain, penderita diabetes juga harus selektif konsumsi makanan. Tidak semua buah cocok dikonsumsi penderita diabetes. Pasalnya, ada buah-buahan yang mengandung kadar gula tinggi sehingga berisiko untuk penderita diabetes.

Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November. Hari Diabetes Sedunia bertepatan dengan kelahiran Sir Federick Banting  yang merupakan penemu insulin. 

Pencetusan Hari Diabetes Dunia pertama kali pada 1991 dilakukan oleh International Diabetes Federation (IDF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebagai tanggapan atas keprihatinan yang berkembang mengenai meningkatnya ancaman kesehatan akibat diabetes.

Makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas

Bagi penderita diabetes, mengatur makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari merupakan hal penting. Tapi, Anda tak perlu cemas lantaran ada banyak makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas

Selain menurunkan gula darah, pilihlah makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan jumlah kolesterol. Dengan begitu, risiko komplikasi diabetes, seperti penyakit jantungdan stroke, dapat Anda hindari.

Berikut sejumlah menu makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas:

Buah dan sayur

Makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas yang pertama adalah buah dan sayur. Laman Diabetes UK menyebutkan, penderita diabetes perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Selain Anda konsumsi saat jadwal makan berat, buah dan sayur juga bisa Anda gunakan sebagai cemilan untuk diabetes.

Buah dan sayur dipenuhi dengan vitamin dan mineral yang juga baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Anda tak perlu pusing memikirkan kandungan gula dalam buah dan sayur karena gula tersebut adalah alami sehingga tak membahayakan tubuh.

Yogurt

Makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas yang selanjutnya adalah yogurt. Namun, pastikan untuk memilih produk olahan susu tersebut yang tidak mengandung banyak pemanis tambahan, ya. Anda bisa mengombinasikan yogurt dengan buah, sayur, dan jenis makanan lain yang baik untuk Anda.

Pilih karbo yang sehat

Makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas yang ketiga adalah karbohidrat yang baik.

Karbohidrat memang berpengaruh pada jumlah gula darah dalam tubuh. Tapi, bukan berarti Anda bisa mengabaikan keberadaan karbohidrat. Mengutip dari Diabetes UK, Anda bisa memilih jenis makanan yang mengandung karbohidrat baik.

Beberapa jenis sumber karbohidrat yang bisa Anda jadikan pilihan adalah nasi merah, oatmeal, buah, sayur, dan produk olahan susu tanpa pemanis. Selain memilih sumber karbohidrat yang tepat, penting pula bagi Anda untuk mengatur konsumsinya dalam porsi yang tak terlalu besar.

Pilih lemak sehat

Makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas yang keempat adalah lemak sehat. Sama seperti karbohidrat, makanan untuk penderita diabetes juga perlu memerhatikan jenis lemak yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu, nutrisi yang berguna untuk memproduksi energi masih bisa terpenuhi.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung lemak sehat. Mulai dari kacang, biji, alpukat, minyak zaitun, lemak ikan, dan lain-lain. Hindari konsumsi sumber lemak tak sehat, seperti butter, biskuit, daging merah, atau daging olahan.

Itulah daftar menu makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas. Selamat menyambut Hari Diabetes Sedunia 14 November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negotiation For Everyone Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×