kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berikut Gejala Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui, tapi Jarang Disadari


Jumat, 17 Maret 2023 / 17:39 WIB
Berikut Gejala Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui, tapi Jarang Disadari
ILUSTRASI. Berikut Gejala Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui, yang Jarang Disadari


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung dan pembuluh darah rupanya masih menjadi salah satu pembunuh nomor satu di dunia. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa ada lebih dari 17 juta orang meninggal dunia akibat penyakit kardiovaskular tersebut. 

Tingginya angka kematian itu disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya, penanganan yang terlambat akibat tidak nampaknya gejala. 

Penyakit jantung memang tidak jarang tak menunjukkan gejala yang kentara hingga serangan terjadi.

Baca Juga: Minuman Kakao Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik?

Dalam beberapa kasus, orang yang mengalami gejala itu justru mengabaikannya sehingga saat pemeriksaan barulah diketahui ciri-ciri jantung bermasalah yang dialami sebelumnya. 

Demikian penjelasan Konsultan Ekokardiologis Jantung dan Pembuluh Darah di Heartology Cardiovascular Hospital Sri Diniharini dalam webinar bertajuk "Pentingnya Diagnosa Dini dan Prosedur Penanganan Jantung yang Tepat untuk Menciptakan Masyarakat Sehat", Rabu (15/3/2023). 

Sri mengatakan, semua orang perlu memahami berbagai tanda dan gejala penyakit jantung yang sering diabaikan tersebut guna menekan risiko kematiannya. 

Gejala penyakit jantung ini pun beragam. Misalnya saja mudah lelah dan nyeri serta rasa tertekan di dada, meski tidak semua nyeri dada diakibatkan oleh penyakit jantung. 

Baca Juga: Menjelang Puasa, Kenali 7 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan yang Penting Diketahui

"Mudah lelah dan sering nyeri dada juga patut diwaspadai. Apakah nyeri dada karena gangguan fungsi jantung atau tidak." 

"Selain itu, perlu diketahui bahwa tidak semua nyeri dada diakibatkan penyakit jantung. Sehingga perlu diagnosa dini yang tepat," ujar Sri. 

Jantung yang sering berdebar-debar, kepala terasa pusing, napas pendek-pendek saat beraktivitas, tangan membiru, serta tangan dingin atau sering berkeringat dingin juga bisa menjadi gejala penyakit jantung lainnya. 

Lalu, ada pula yang mengalami pembengkakan dan lebam di sekujur tubuh serta batuk kering pada malam hari. Bahkan, ada yang merasakan nyeri atau pegal di area tengkuk dan dada, serta leher yang terasa seperti sedang dicekik. 

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan yang Menakjubkan, Sudah Tahu?

"Rasa nyeri di dada ini bisa menjalar ke bagian lengan kiri, leher hingga ke punggung dan berlangsung selama 15-20 menit," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sering Tak Disadari, Ini Gejala Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui",
Penulis : Anya Dellanita
Editor : Glori K. Wadrianto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×