kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berdasarkan warna, berikut ragam manfaat sayur untuk kesehatan tubuh


Rabu, 29 September 2021 / 22:10 WIB
Berdasarkan warna, berikut ragam manfaat sayur untuk kesehatan tubuh


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID - Sayur dan buah selain punya warna yang cantik juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Setiap warna pada sayur memiliki fungsi yang berbeda. 

Anak-anak biasanya mengira sayur hanya berwarna hijau saja. Padahal, ada sayur yang memiliki warna lain seperti oranye, kuning, bahkan merah dan ungu. 

Bersumber dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, warna pada sayur berasal dari pigmen pembawa yang ada dalam sayur tersebut. 

Jika pigmen pembawa berwarna hijau, maka sayur akan berwarna hijau. Sedangkan pigmen warna merah akan membuat suatu sayur atau buah berwarna merah atau oranye.

Pigmen pembawa warna sayur tersebut juga memiliki manfaat yang berbeda tergantung dengan warnanya. Berikut warna pada sayur serta manfaatnya: 

Baca Juga: Cara download video YouTube gratis tanpa aplikasi dengan banyak pilihan resolusi

  • Sayur berwarna merah atau biru

Warna merah atau biru pada sayur terbentuk karena zat anthocyanin yang sensitif terhadap perubahan pH dan dapat larut dalam air. 

Zat tersebut akan merubah warna sayur jika pH berubah. Jika pH dalam keadaan netral maka pigmen yang terbentuk adalah warna ungu. 

Saat keadaan asam pigmen akan berwarna merah, sedangkan warna biru akan muncul jika pH dalam keadaan basa. 

Sayur berwarna merah atau ungu memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata, mengurangi peradangan, dan menjaga imunitas. 

Tomat, kubis merah, buah bit, hingga paprika merupakan contoh sayur berwarna merah atau biru.

  • Sayur berwarna hijau

Sayur berwarna hijau sangat sering kita temui, bahkan tanaman bukan sayur juga banyak yang berwarna hijau. Sayur bayam, kangkung, sawi, hingga daun kemangi adalah contoh sayuran berwarna hijau. 

Sayur dengan warna ini sudah lama dikenal mengandung banyak vitamin dan bergizi tinggi. Warna hijau pada sayur bayam contohnya terbentuk dari klorofil yang berperan dalam proses fotosintesis tumbuhan. 

Sayur berwarna hijau mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, C, dan K. Vitamin K penting untuk tubuh terutama dalam membantu pembekuan darah dan pembentukan tulang. 

Sayur hijau juga mengandung karoteniod yang bermanfaat menangkal radikal bebas. Mineral seperti zat besi, magnesioum, fosfor, dan zat kapur juga terkandung dalam sayur hijau. 

Baca Juga: Organisasi dan lembaga di bawah naungan PBB selain WHO dan UNICEF




TERBARU

[X]
×