kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berapa Kadar Gula Darah Normal Wanita Usia 50 Tahun? Cek Ciri-Ciri Gula Darah Naik


Rabu, 06 Maret 2024 / 21:21 WIB
Berapa Kadar Gula Darah Normal Wanita Usia 50 Tahun? Cek Ciri-Ciri Gula Darah Naik
ILUSTRASI. Berapa Kadar Gula Darah Normal Wanita Usia 50 Tahun? Cek Ciri-Ciri Gula Darah Naik


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

CIRI-CIRI GULA DARAH NAIK PADA WANITA DAN PRIA - Jakarta. Wanita lebih rentan terserang penyakit gula atau diabetes melitus setelah usia 50 tahun. Berapa kadar gula darah normal wanita usia 50 tahun? Waspadai ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria agar tidak terserang diabetes.

Wanita usia 50 tahun lebih berisiko menderita diabetes. Hal ini karena pengaruh perubahan hormon kewanitaan.

Oleh karena itu, penting bagi wanita mengetahui kadar gula darah normal mulai usai 50 tahun. Berapa kadar gula darah normal wanita usia 50 tahun?

Diberitakan Kompas.com, kadar gula darah normal wanita usia 50 tahun bisa bervariasi karena gaya hidup, pola makan, dan kondisi kesehatannya. Namun umumnya, kadar gula darah normal wanita usia 50 tahun setelah puasa selama 8 jam yaitu berkisar antara 70-100 mg/dl.

Kemudian, dilansir dari Verywell Health, gula darah normal wanita di usia 50 tahun pada 2-4 jam setelah makan yaitu 90-130 mg/dl sebelum makan. Selanjutnya, gula darah normal wanita usia 50 tahun pada 4-8 jam usai makan sekitar 80-120 mg/dl.

Untuk mengetahui kadar glukosa darah, wanita usia 50 tahun ke atas perlu menjalani pemeriksaan gula darah secara rutin setiap 2-3 bulan sekali. Pemeriksaan ini disebut dengan tes HbA1C yang dapat dilakukan menggunakan glukometer.

Anda tak perlu khawatir dengan pemeriksaan kadar gula darah karena hanya membutuhkan waktu yang singkat dan minim rasa sakit. Petugas atau tenaga kesehatan akan mengambil sedikit sampel darah dari jari kemudian meletakkan setetes darah pada strip tes di glukometer untuk mengetahui kadar glukosa Anda.

Baca Juga: 6 Bahan Alami yang Terbukti Berhasil Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Bahaya gula darah tinggi pada wanita usia 50 tahun

Wanita usia 50 tahun ke atas yang punya kecenderungan gula darah tinggi berisiko mengidap diabetes. Jenis diabetes yang paling umum terjadi pada orang lanjut usia, termasuk wanita usia 50 tahun ke atas yaitu diabetes tipe 2 atau diabetes melitus.

Dikutip dari National Council on Aging (NCOA), gejala diabetes pada orang lanjut usia berkisar dari ringan hingga berat. Gejalanya antara lain rasa haus dan buang air kecil berlebihan, masa penyembuhan luka yang lama, sakit kepala, penglihatan kabur, sensasi kesemutan di kaki dan tangan, dan kelelahan.

Untuk mencegah risiko diabetes, wanita usia 50 tahun perlu menjaga kadar gula darahnya agar tetap stabil dengan mengurangi makanan manis dan tinggi karbohidrat, olahraga teratur, atau minum obat sesuai anjuran dokter.

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria

Diberitakan Kompas.com, kadar gula tinggi atau biasa disebut hiperglikemia merupakan salah satu kondisi yang harus diwaspadai terjadi pada para penderita diabetes. Baik diabetes tipe 1 maupun 2 memiliki risiko yang serupa.

Peningkatan konsentrasi glukosa dalam darah tersebut bisa disebabkan karena banyak hal. Konsumsi karbohidrat terlalu tinggi, melewatkan dosis insulin, sakit atau sedang stres. Aktivitas yang terlalu padat juga bisa menyebabkan hiperglikemia, khususnya saat kadar gula mulai naik namun tidak ditangani dengan tepat.

Kadar gula tinggi bisa menyebabkan gangguan penurunan kesadaran (ketoasisdosis). Kondisi yang berulang bahkan berdampak pada kerusakan saraf, pembuluh darah dan komplikasi lainnya.

Karena itu disarankan untuk mendapatkan penanganan ketika kadar gula dalam darah mulai meningkat. Agar tak terlambat, kenali berbagai ciri-ciri gula dalam darah naik pada wanita dan pria yang antara lain adalah:

Haus terus-menerus dan buang air kecil terlalu sering

Salah satu ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria adalah harus terus-menur dan uang air kecil terlalu sering.

Perasaan haus terus-menerus menjadi salah satu indikasi penting namun jarang disadari untuk kondisi ini. Apalagi ketika kita sedang berpuasa sehingga rasa haus dianggap hal yang wajar.

Hal ini biasanya dibarengi dengan semakin sering kencing karena penumpukan glukosa. Efek sampingnya ialah rasa pusing dan dehidrasi. "Ginjal bekerja lebih keras untuk membuang glukosa lewat urin," terang Lori Zanini, ahli kesehatan yang pernah jadi juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Pandangan mata terganggu

Ciri-ciri lain gula darah naik pada wanita dan pria bisa berupa gangguan penglihatan. Lonjakan kadar gula atau glukosa dalam darah menyebabkan pandangan mata menjadi kabur, tidak fokus dan tidak jelas.

Hal ini dikarenakan lensa mata membengkak akibat kadar gula meningkat yang menyebabkan kebocoran cairan. Gangguan ini akan sangat terasa ketika sedang mengemudi dan bekerja, juga disertai dengan sakit kepala.

Kesemutan dan mati rasa

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang lain berupa kesemutan dan mati rasa. Jika mengalami kesemutan dan mati rasa secara berkala dalam jangka tertentu pada tangan dan kaki, ada baiknya memeriksakan diri.

Kondisi tersebut bisa menjadi indikasi terjadinya hiperglikemia akibat kerusakan saraf alias neuropati diabetik. Bukan hanya penderita diabetes, gejala ini juga bisa dialami oleh orang umum sebagai penanda kadar gulanya meningkat.

Gusi bengkak dan berdarah

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang lain gusi membengkak dan berdarah. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease mengakategorikan penyakit gusi sebagai komplikasi dari diabetes.

Air liur mengandung glukosa, jika kadarnya tinggi dan bertemu dengan bakteri di mulut yang dibawa makanan, dapat membentuk plak dan menyebabkan penyakit.

Gejala awalnya berupa peradangan dan terlihat memerah. Apabila tidak ditangani dengan baik dapat berujung pada gigi tanggal atau nanah di gusi.

Sering merasa lapar tapi berat badan turun

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang lain yakni sering merasa lapar tapi berat badan malah turun. Orang yang gula darahnya meningkat akan lebih sering merasa lapar namun mengalami penurunan berat badan.

Lori Zanini menjelaskan kondisi ini terjadi karena tubuh gagal mendapatkan energi dari glukosa. Akibanya, sistem tubuh mulai memecah otot dan lemak sebagai sumber energi sehingga terjadi penurunan berat baan yang tidak disengaja dan tidak sehat.

Itulah ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria serta kadar gula darah normal wanita usia 50 tahun yang penting diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×