kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berapa Kadar Gula Darah Normal? Ini Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami


Sabtu, 05 Februari 2022 / 07:49 WIB
Berapa Kadar Gula Darah Normal? Ini Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami
ILUSTRASI. Gula darah rendah. Berapa Kadar Gula Darah Normal? Ini Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami


Sumber: Healthline,Healthline,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berapa kadar gula darah normal dalam tubuh? Lalu bagaimana cara menurunkan kadar gula darah dalam tubuh yang sudah tinggi?

Kadar gula darah dalam tubuh selalu berubah-ubah. Kadar gula darah normal dalam tubuh di setiap orang juga berbeda-beda tergantung kondisi.

Dilansir dari Kompas.com, kadar gula darah sebenarnya berfluktuasi, naik turun sepanjang hari dan setiap saat, tergantung dengan asupan makanan dan aktivitas yang dilakukan masing-masing orang.

Apabila seseorang berpuasa semalaman, kadar gula darah yang normal adalah 70-100 mg/dL. Kadar gula darah ini kira-kira sama dengan satu sendok teh di dalam satu galon air putih.

Berikut jumlah kadar gula darah normal dalam kondisi normal, IFG, IGT, dan diabetes:

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 3 Februari 2022 Membumbung Tinggi, Ini Cara Mencegah Omicron

1. Kadar gula normal

  • Puasa: < 100 mg/dL
  • Dua jam setelah makan: < 140 mg/dL

2. Impaired fasting glucose (IFG)

  • Puasa: ≥ 100 mg/dL dan < 126 mg/dL
  • Dua jam setelah makan: < 140 mg/dL

3. Impaired glucose tolerance (IGT)

  • Puasa: ≥ 126 mg/dL
  • Dua jam setelah makan: ≥ 140 mg/dL dan < 200 mg/dL

4. Kadar guka darah normal penderita diabetes mellitus

  • Puasa: ≥ 126 mg/dL
  • Dua jam setelah makan: ≥ 200 mg/dL

Cara menurunkan kadar gula darah secara alami

Diberitakan Kontan.com sebelumnya, selain mengikuti obat yang diresepkan dokter, cara menurunkan gula darah juga bisa Anda lakukan sendiri, lho. Caranya adalah dengan mengatur makanan apa saja yang Anda konsumsi sehari-hari. Dengan rutin melakukannya, diharap jumlah gula darah menjadi lebih terkontrol.

Jika Anda sudah memilih bahan alami mana yang Anda sukai, jangan lupa untuk tetap memperhatikan cara pengolahannya, ya. Mengolah bahan alami dengan cara yang tidak sehat justru bisa menghilangkan gizi dan nutrisinya.

Akibatnya, tubuh tak dapat menyerap nutrisi bahan alami secara maksimal sehingga kesehatan pun tetap terancam. Supaya efeknya lebih maksimal, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu ke dokter tentang bahan alami pilihan Anda, ya.

Kale

Siapa yang gemar makan kale? Mengutip dari Healthline (healthline.com), serat, antioksidan, dan senyawa lain dalam bahan alami itu cukup efektif menurunkan jumlah gula darah. Cobalah untuk mengonsumsi 7-14 g kale per hari.

Baca Juga: Bahan alami yang efektif mengobati asam urat

Alpukat

Cara menurunkan gula darah berikutnya adalah dengan makan alpukat. Serat, vitamin, mineral, dan jenis lemak yang Anda temukan dalam alpukat mampu mengontrol gula darah yang ada di tubuh Anda. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaat alpukat itu.

Telur

Rutin mengonsumsi telur juga bisa mengontrol gula darah, lho. Menurut penelitian, makan satu butir telur besar setiap hari bisa menurunkan gula darah hingga 4.4%. Kebiasaan yang sama juga berpengaruh pada sensitivitas insulin di tubuh Anda.

Oatmeal

Healthline menyebutkan bahwa mengatur dan menurunkan gula darah dalam tubuh bisa lebih baik apabila Anda makan oatmeal secara teratur. Selain itu, makan oatmeal juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Baca Juga: Brokoli terbukti bisa menurunkan gula darah, begini cara penyajiannya

Apel

Makan apel termasuk salah satu cara menurunkan gula darah yang layak Anda coba. bukan tanpa alasan, jenis buah itu memiliki jenis serat dan senyawa lain yang baik untuk mengontrol jumlah gula darah. Artinya, rutin makan apel bisa menurunkan risiko diabetes.

Kimchi

Kimchi adalah makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan tubuh karena bisa berperan untuk menurunkan gula darah. Tidak hanya kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, kimchi juga dipenuhi dengan probiotik yang bagus untuk kesehatan.

Itulah kadar gula darah normal dalam tubuh dan cara menurunkan secara alami. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×