Beginilah cara mencegah Virus Corona pada anak-anak

Kamis, 11 November 2021 | 13:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Beginilah cara mencegah Virus Corona pada anak-anak

ILUSTRASI. Memakai masker adalah salah satu cara mencegah Virus Corona pada anak. KONTAN/Baihaki/2/9/2021

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Tidak hanya orang dewasa, Virus Corona juga bisa menyerang anak-anak. Maka dari itu, cara mencegah Virus Corona pada anak perlu Anda terapkan supaya kesehatan anak tetap terjaga. Apalagi saat ini sudah ada banyak anak yang masuk sekolah.

Mengutip dari Medical Xpress (medicalxpress.com), sekolah menjadi salah satu tempat dengan risiko penularan Covid-19 yang cukup tinggi. Ruang kelas dalam ruangan yang dipenuhi oleh banyak orang dalam waktu tertentu bisa membuat penyebaran Virus Corona menjadi mudah.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko itu. Mulai dari mengatur ventilasi udara ruang kelas dengan baik, mengatur posisi anak supaya tak saling berdekatan, dan menjaga kebersihan diri anak-anak.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga perlu meminta anak untuk memakai masker dengan cara yang benar. Berikan pemahaman ke anak-anak bahwa menggunakan masker bisa melindungi tubuh dari paparan Virus Corona.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Moderna untuk umum, ini efek samping & lokasi penyuntikan di Jakarta

Apalagi ketika ada orang lain yang bersin atau batuk. Hal tersebut merupakan salah satu cara Virus Corona menginfeksi tubuh. Melansir Medical Xpress, masker tidak membuat anak kesulitan bernapas sehingga bisa aman digunakan oleh anak-anak.

Namun, penggunaan masker pada anak berusia di bawah 5 tahun tidak disarankan. Alasannya karena pada usia itu, anak-anak memerlukan ekspresi wajah dari orang lain. Supaya anak berusia di bawah 5 tahun tidak tertular, usahakan untuk tidak membawa anak ke tempat umum yang dipenuhi banyak orang.

Baca Juga: Jangan ragu melakukan tes antigen dan PCR Covid-19, ini manfaatnya

Supaya cara mencegah Covid-19 pada anak-anak lebih maksimal, usahakan untuk menjaga sistem imun tubuh anak tetap kuat. Berikan makanan dan minuman bergizi yang bisa menjaga sistem imun tubuh tetap kuat.

Dengan begitu, anak tidak mudah terserang penyakit. Tidak berhenti sampai di situ, ajak anak untuk rajin olahraga dan menerapkan pola hidup sehat lainnya sehingga Virus Corona dan jenis penyakit lain tak menginfeksi tubuh mereka.

Selanjutnya: Promo 11.11 Informa, Dapatkan Cashback Hingga Rp 1,1 Juta

Editor: Belladina Biananda
Terbaru