HOME

Begini cara meningkatkan imunitas tubuh, mengacu protokol kesehatan keluarga

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 13:27 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Begini cara meningkatkan imunitas tubuh, mengacu protokol kesehatan keluarga

ILUSTRASI. Olahraga menjadi salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh, mengacu protokol kesehatan keluarga.

Protokol kesehatan keluarga secara umum juga memuat cara meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), yakni:

  • Mengonsumsi gizi seimbang
  • Olahraga/aktivitas fisik minimal 30 menit sehari
  • Istirahat cukup, 6-8 jam per hari
  • Mengelola stres
  • Menggunakan jamban yang bersih dan sehat
  • Mandi dan bersihkan diri minimal 2 kali sehari dan setelah bepergian
  • Mengganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah

Baca Juga: Tingkatkan imunitas, Menpora & penyandang disabilitas kampanyekan olahraga

Protokol kesehatan keluarga, menurut Reisa, untuk menekan penularan Covid-19 di lingkungan klaster keluarga yang sangat tinggi. Sebab, potensi tinggi penularan klaster keluarga bisa datang dari orang terdekat yang menjadi carrier atau pembawa virus. 

Penularan dari orang terdekat ini bisa berakibat fatal bagi anggota keluarga yang sudah lanjut usia dan memiliki penyakit penyerta. "Sebagian dari 1.299 klaster yang ditemukan Kementerian Kesehatan adalah klaster keluarga," ungkap Reisa. 

"Kepala BKKBN dr Hasto Wardoyo mengatakan, klaster keluarga ini memang sulit dihindari. Karena terkait dengan klaster-klaster lain, seperti klaster kantor, klaster pasar yang semuanya berpotensi bertemunya di keluarga," imbuh dia. 

Selanjutnya: 4 Manfaat buah naga, bisa kuatkan sistem imun tubuh

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

 

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru