Begini Cara Mengontrol Kadar Kolesterol Selama Puasa

Senin, 18 April 2022 | 14:44 WIB Sumber: Kompas.com
Begini Cara Mengontrol Kadar Kolesterol Selama Puasa

ILUSTRASI. Kolesterol


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda berpuasa tapi kadar kolesterol naik? Begini cara menjaga kadar kolesterol tetap stabil saat berpuasa.  

Perilaku 'balas dendam' saat berbuka puasa ini berpotensi meningkatkan kadar kolesterol apabila makanan yang dikonsumsi berupa gorengan, daging berlemak, maupun makanan bersantan. 

Baca Juga: Ini Takaran Tepat Konsumsi Kunyit agar Tidak Menimbulkan Masalah Kesehatan

Maka dari itu, menjaga kadar kolesterol dalam tubuh selama menjalankan puasa Ramadhan berperan penting agar terhindar dari berbagai penyakit. 

Terutama pada populasi yang berisiko seperti orang lansia, orang dengan penyakit diabetes, dan orang dengan riwayat darah tinggi dan diabetes. 
"Dengan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh akan menurunkan risiko terjadinya penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke," ujar dokter spesialis penyakit dalam Primaya Hospital Bhakti Wara, dr Mauludi Rachmantya Tranggana, Sp.PD, kepada Kompas.com, Selasa (5/4/2022). 

Manfaat puasa untuk menurunkan kolesterol 

Puasa sebenarnya bukan sekadar menahan lapar dan haus, tetapi sangat bermanfaat untuk kesehatan, khususnya orang dengan kolesterol tinggi. 

Dokter spesialis penyakit dalam di Primaya Evasari Hospital dr Hendra Gunawan, Sp.PD menuturkan, saat berpuasa terjadi pembatasan asupan makanan. 

Baik secara langsung maupun tidak langsung, pembatasan asupan itu bermanfaat bagi tubuh. 

"Studi terdahulu melaporkan, bahwa pembatasan tersebut secara tidak langsung dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam darah," paparnya. 

Lebih lanjut, dia berkata bahwa kadar kolesterol saat puasa Ramadhan akan bergeser dengan menurunnya kolesterol dan trigliserida dalam darah. 
Kemudian, menaikkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Saat berpuasa asupan makanan yang mengandung lemak jenuh berkurang, dan secara perlahan kolesterol dalam tubuh akan menurun. 

Manfaat puasa ini pun bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. 

"Dalam fisika normal, kolesterol dalam tubuh berkontribusi pada kejadian stroke dan jantung dengan cara kolesterol tersebut mengendap di pembuluh darah dan menghambat aliran darah, ini berbahaya jika sumbatan aliran darah tersebut di jantung atau di otak," ucap Mauludi. 

Penyebab kolesterol naik selama bulan 

Ramadhan Menurut dr Mauludi, kolesterol naik dapat disebabkan asupan harian atau dari produksi organ hati. 

Kadar kolesterol dalam tubuh naik, juga dikarenakan asupan makanan yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi seperti produk susu, daging, cokelat, serta kue-kue manis. 

Ia menjelaskan, sumber kolesterol tertinggi paling sering terjadi pada saat berbuka puasa secara berlebih. Artinya, makanan yang dikonsumsi selama berbuka melebihi kebutuhan tubuh. 

"Sehingga banyak makanan tersebut disimpan dalam sel lemak dan menjadi kolesterol dalam tubuh," ungkap Mauludi. 

Cara menjaga kadar kolesterol selama puasa Ramadhan 

Dihubungi secara terpisah, dokter spesialis penyakit dalam di Primaya Evasari Hospital dr Hendra Gunawan, Sp.PD, mengatakan cara menjaga kadar kolesterol ialah mengonsumsi makanan yang bergizi. 

"Untuk menjaga kadar kolesterol saat puasa, yang direkomendasikan adalah tetap makan makanan yang bergizi dan seimbang, serta beraktivitas fisik," jelas Hendra, Senin (4/4/2022). 

Senada dengannya, Mauludi menyampaikan bahwa cara menjaga kadar kolesterol selama puasa adalah konsumsi lebih banyak makanan berserat dan minum suplemen yang mengandung minyak ikan dengan omega-3, DHA serta EPA. 

"Untuk kegiatan yang direkomendasikan adalah sesuai kemampuan tubuh, lebih diutamakan olahraga ringan di sore hari menjelang berbuka puasa, dikarenakan risiko dehidrasi akibat olahraga lebih rendah karena mendekati waktu berbuka puasa," terang Mauludi. 

Adapun makanan yang bisa dikonsumsi guna menjaga kadar kolesterol selama berpuasa adalah makanan dengan banyak serat seperti sayur dan buah, kacang-kacangan, maupun ikan. 

Selain itu, banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi saat puasa. 
Sementara, makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka adalah yang mengandung banyak gula murni tanpa serat, serta makanan yang tinggi lemak jenuh. 

Hindari pula minuman manis seperti minuman berkarbonasi, dan berkafein misalnya kopi.(Aryika Rachmi Farmita) 

Baca Juga: Ini Cara Mudah Mencegah Kadar Gula Darah Naik saat Pagi Hari

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bagaimana Cara Menjaga Kadar Kolesterol Selama Puasa Ramadhan?",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru