Begini cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang efektif

Kamis, 30 September 2021 | 09:06 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Begini cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang efektif

ILUSTRASI. Cara mengeluarkan dahak di tenggorokan berguna untuk mengatasi masalah kesehatan yang lain.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat sakit, Anda cenderung memiliki dahak yang cukup kental dan mengganggu. Supaya hal itu bisa teratasi dengan baik, ada banyak cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang perlu Anda lakukan.

Sebenarnya, dahak ada dalam tubuh meski Anda sedang sehat. Namun, dahak mengental karena debu, alergen, atau infeksi virus. Cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan dahak adalah dengan minum obat yang dijual di apotek.

Healthline (healthline.com) menyebutkan bahwa Anda bisa minum obat decongestant yang efektif mengatasi penyumbatan lendir di saluran pernapasan. Ada beberapa bentuk decongestant yang bisa Anda temukan, yaitu dalam bentuk cair, tablet, atau obat semprot.

Selain minum obat apotek, masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Namun, jika setelah melakukan beberapa hal ini dahak tak kunjung hilang, segera periksa ke dokter, ya. Nantinya, dokter akan meresepkan obat yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Sakit punggung bisa menjadi gejala kanker paru-paru, ini penjelasannya

Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang cukup sering dilakukan oleh banyak orang. Hal itu juga mampu membunuh kuman penyebab sakit tenggorokan, lo.

Anda perlu melarutkan ½ sdt garam dalam segelas air terlebih dahulu. Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda bisa memakai air hangat. Setelah itu, gunakanlah untuk berkumur selama 30 sampai 60 detik. Ulangi langkah tersebut sampai dahak berkurang.

Minum Air Putih

Salah satu cara menghilangkan dahak di tenggorokan adalah minum air putih.

Minum air putih, atau dalam keadaan hangat, bisa membantu tubuh mengeluarkan dahak. Dengan begitu, penyumbatan di saluran pernapasan pun dapat teratasi. Selain air putih, Anda bisa minum air hangat lain, seperti teh herbal, air lemon, kuah sup ayam, dan lain sebagainya.

Gunakan Humidifier

Melansir Healthline, menghirup udara yang lembab bisa jadi salah satu cara menghilangkan dahak di tenggorokan. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk memakai humidifier di ruangan di mana Anda melakukan kegiatan.

Baca Juga: Ingin tahu cara mengeluarkan dahak? Coba 6 hal ini, yuk

Manfaatkan Bahan Alami

Memanfaatkan bahan alami termasuk cara menghilangkan dahak di tenggorokan.

Produksi dahak juga bisa Anda kurangi dengan mengatur makanan yang Anda konsumsi. Ada banyak jenis bahan alami yang bisa Anda manfaatkan, misalnya capsaicin dalam cabai, jahe, buah delima, jambu biji, dan lain-lain. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk membuktikan efek tersebut.

Nah, dari beberapa cara yang telah disebutkan, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Semakin cepat Anda mempraktikkan langkah-langkah tersebut, semakin cepat pula proses Anda untuk kembali sembuh.

Selanjutnya: 4 Cara mengeluarkan dahak dari paru-paru yang bisa Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru