Begini cara mencegah Virus Corona setelah divaksin Covid-19

Senin, 13 September 2021 | 13:22 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Begini cara mencegah Virus Corona setelah divaksin Covid-19

ILUSTRASI. Cara mencegah virus corona ada banyak, contohnya tetap memakai masker meski sudah divaksin.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vaksin Covid-19 dibutuhkan tubuh supaya lebih terlindungi dari paparan Virus Corona. Namun, bukan berarti tubuh Anda menjadi benar-benar kebal dari infeksi virus tersebut, ya. Vaksinasi memberikan proteksi ekstra pada tubuh Anda.

Dengan begitu, gejala dan kebutuhan perawatan rumah sakit akibat infeksi virus bisa berkurang. supaya tubuh Anda tetap terlindungi dari Covid-19, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), Anda yang berada di lokasi dengan risiko penularan tinggi lebih rentan terinfeksi Virus Corona. Meskipun Anda sudah mendapat suntikan vaksin dengan dosis lengkap.

Memiliki penyakit bawaan atau komorbid juga bisa faktor lain yang meningkatkan risiko kembali tertular Virus Corona. Penyakit tertentu membuat sistem imun tubuh lemah sehingga kemungkinan terinfeksi Covid-19 tetap besar.

Baca Juga: Ada 9 Jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia, apa saja efek sampingnya?

Untuk menjaga kesehatan, E Times merekomendasikan beberapa cara mencegah Virus Corona yang perlu Anda lakukan. Pertama, tetap gunakan masker meski Anda sudah divaksin. Selalu jaga kebersihan masker saat Anda pakai di tempat yang dipenuhi banyak orang.

Beberapa jenis masker yang sebaiknya Anda pakai adalah masker bedah, masker N95, atau masker tiga lapis. Gunakan masker hingga benar-benar menutupi hidung, mulut, dan dagu. Pastikan untuk memakai masker yang tidak longgar untuk mencegah Virus Corona masuk ke tubuh.

Selain menggunakan masker, perhatikan pula tempat-tempat yang Anda kunjungi. Jika Anda ingin bertemu dengan orang lain, usahakan untuk mencari tempat luar ruangan dan hindari tempat-tempat dengan ventilasi udara yang buruk, misalnya kafe atau restoran.

Baca Juga: Satgas ingatkan 3 hal sebelum kunjungi tempat wisata

Tidak berhenti sampai di situ, Anda perlu selalu menjaga kebersihan tangan. Terlebih setelah Anda berkontak dengan orang lain atau memegang permukaan benda. Anda bisa memakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer dalam keadaan darurat.

Cara mencegah Virus Corona selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menjaga sistem imun tubuh supaya tetap kuat. Konsumsi makanan bergizi dan usahakan untuk olahraga secara teratur. Dengan begitu, tubuh Anda bisa tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Selanjutnya: Hasil penelitian, risiko kematian naik 11 kali jika tidak disuntik vaksin Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru