Begini Cara Mencegah atau Mengurangi Efek Vaksin Booster, Ada 4 Cara

Rabu, 02 Maret 2022 | 08:02 WIB Sumber: Kompas.com
Begini Cara Mencegah atau Mengurangi Efek Vaksin Booster, Ada 4 Cara

ILUSTRASI. Untuk mencegah atau mengurangi efek serius dari vaksin booster, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat umum kini bisa mengakses vaksin booster atau vaksin Covid-19 dosis ketiga. Vaksin booster ini dibutuhkan karena efektivitas vaksin sebelumnya mulai berkurang. 

Beberapa penelitian menunjukkan adanya penurunan kekebalan sekitar lima hingga enam bulan setelah pemberian vaksin dosis lengkap. 

Sama dengan vaksin sebelumnya, vaksin booster juga bisa menimbulkan efek samping seperti demam, kelelahan, sakit kepala, meriang, nyeri otot, mual, muntah, dan diare. 

Akan tetapi, efek tersebut berbeda-beda setiap orang. Ada yang mengalami efek samping dalam hitungan hari namun ada juga yang tidak merasakan efek apapun. 

Meski demikian, manfaat vaksin tentu lebih besar dibandingkan efeknya. Selain itu, efek dari vaksin juga bisa kita cegah atau kurangi. 

Baca Juga: Jika Positif Covid-19, Kapan Bisa Vaksin Booster?

Untuk mencegah atau mengurangi efek serius dari vaksin booster, Anda bisa melakukan hal berikut: 

1. Minum air yang cukup 

Menurut ahli kedokteran keluarga dari Westmed Medical Group, Nicholas Pantaleo, istirahat yang cukup dan minum air yang cukup selama satu hingga dua hari vaksin akan membantu mempercepat pemulihan efek vaksin. 

Sebelum vaksin, Anda juga disarankan untuk menambah asupan air minum sebanyak satu liter akan sangat membantu untuk meminimalisir dampak vaksin. 
"Tetap tambah asupan cairan itu sampai dua hari usai vaksin," tambah Pantaleo. 

Untuk mempermudah, pertimbangkan untuk membeli botol air ekstra besar yang dapat digunakan kembali setelah vaksin. 

Baca Juga: Pada Varian Omicron, Gejala Kehilangan Penciuman dan Indera Perasa Tidak Umum Terjadi

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru