Beda-beda, Catat Gejala Covid-19 Varian Alpha, Beta, Delta, Hingga Omicron

Selasa, 22 Februari 2022 | 09:06 WIB Sumber: Express.co.uk,Times of India
Beda-beda, Catat Gejala Covid-19 Varian Alpha, Beta, Delta, Hingga Omicron

ILUSTRASI. Covid-19 akan tetap di sini untuk sementara waktu dan kita tidak boleh lengah. Protokol kesehatan harus tetap ditegakkan. REUTERS/Nick Oxford


KONTAN.CO.ID - Covid-19 akan tetap di sini untuk sementara waktu dan kita tidak boleh lengah. Protokol kesehatan harus tetap ditegakkan. 

Mengutip Times of India, tiga cara yang terbukti dapat mencegah Covid-19 dari mendatangkan malapetaka adalah: vaksinasi, mengikuti protokol Covid-19 dan mengetahui gejalanya sekaligus. 

Sejauh ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendaftarkan lima varian kekhawatiran virus corona: Alpha, Beta, Gamma, Delta, dan Omicron. Varian ini lebih agresif dibandingkan varian lainnya. 

Varian Omicron adalah jenis virus yang dominan saat ini dan merupakan alasan utama di balik infeksi Covid-19 akhir-akhir ini. 

Baca Juga: Kasus Covid-19 Anak Indonesia Februari 2022 Naik, Ini Gejala dan Cara Menangani

Gejala umum Covid-19 yang terlihat di semua varian

Pada setiap varian, gejala infeksi dan derajat infeksi tampak bervariasi. Namun ada gejala umum tertentu dari penyakit Covid-19 yang telah ditemukan di semua infeksi yang disebabkan oleh varian yang berbeda.

Sesuai data yang dikeluarkan oleh lembaga kesehatan nasional, gejala umum Covid-19 adalah demam atau kedinginan, batuk, sesak napas atau sulit bernapas, kelelahan, nyeri otot atau tubuh, sakit kepala, kehilangan rasa atau bau baru, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau pilek, mual atau muntah dan diare.

Gejala yang ditunjukkan tubuh manusia setelah terkena virus tergantung pada cara kekebalan tubuh bereaksi terhadap patogen.

Baca Juga: Ada 48.484 Kasus Covid-19 20 Februari, Ini Obat Sakit Tenggorokan Gejala Omicron

Gejala klasik infeksi Covid-19 meliputi demam, batuk, kelelahan, dan kehilangan indra penciuman dan perasa. Gejala parah yang terkait dengan penyakit ini adalah sesak napas, nyeri dada, kadar oksigen darah rendah dalam tubuh dan kesulitan bernapas.

Sebagian besar gejala Covid-19 tumpang tindih dengan gejala pilek dan flu biasa dan ini terlihat pada infeksi yang disebabkan oleh semua varian virus.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru