kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bebas Kusam, Ini 6 Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit Wajah


Rabu, 04 Oktober 2023 / 14:13 WIB
Bebas Kusam, Ini 6 Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit Wajah
ILUSTRASI. Anti Kusam, Ini 6 Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit Wajah


Penulis: Bimo Kresnomurti

Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit Wajah - JAKARTA. Periksa bahan alami untuk mencerahkan kulit sehingga anti wajah kusam. Penggunaan produk-produk perawatan wajah tentu perlu diimbangi dengan pemakaian dan konsumsi bahan alami

Warna kulit yang kusam dan menggelap bisa timbul pada siapa saja dengan berbagai macam faktor.  Pemicu kulit kusam bisa dari paparan sinar matahari, bekas jerawat, dan faktor-faktor yang lain.

Tentu saja Anda perlu mengatasi penyebabnya terlebih dahulu supaya kulit gelap dapat teratasi dengan baik.

Mencerahkan kulit secara alami melibatkan asupan nutrisi yang tepat untuk mendukung kesehatan kulit.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Semangka Kuning Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Masker tomat

Berbagai vitamin dan nutrisi dapat membantu mencerahkan kulit, mengatasi hiperpigmentasi, dan memperbaiki tekstur kulit.

Nutrisi untuk mencerahkan kulit wajah

Berikut adalah beberapa nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk kulit:

  • Vitamin C: Kandungan zat ini menjadi antioksidan kuat yang membantu mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, dan mengurangi bintik-bintik gelap.
  • Vitamin E: Nah, vitamin ini membantu memperbaiki dan meremajakan kulit, mengurangi bekas luka, dan memberikan kilau alami pada kulit.
  • Vitamin A: Ada juga vitamin A membantu meningkatkan pergantian sel kulit, mempromosikan regenerasi sel, dan mengatasi hiperpigmentasi.
  • Vitamin B-complex: Vitamin B-complex, termasuk B3 (niacinamide), B5 (pantothenic acid), dan B6, membantu menjaga kelembapan kulit, mengatasi peradangan, dan mengurangi pigmentasi.
  • Beta-karoten: Beta-karoten adalah prekursor vitamin A dan dapat membantu mencerahkan kulit serta memberikan warna kulit yang sehat.
  • Selenium: Selenium adalah mineral yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga elastisitas kulit.
  • Zinc: Zinc membantu memperbaiki jaringan kulit, mengatasi jerawat, dan membantu kulit lebih cerah.
  • Asam Lemak Omega-3: Asam lemak omega-3 membantu menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan, dan mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan.
  • Glutathione: Glutathione adalah antioksidan utama yang membantu mencerahkan kulit dan melawan pigmentasi berlebih.

Nah, beberapa bahan alami bisa Anda manfaatkan untuk mempercepat proses mencerahkan kulit. Sebelum rutin memakainya, usahakan untuk melakukan uji coba dulu.

Anda bisa mulai mencoba bahan alami lain jika kulit iritasi atau muncul reaksi alergi yang lain.

Simak sederet bahan alami untuk mencerahkan wajah yang wajib Anda coba secara rutin dilansir dair laman Lybrate.

Baca Juga: Efektif, Ini 7 Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Bahan Alami

Bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah

1. Telur

Masker Putih Telur

Ahli dermatologis merekomendasikan telur sebagai salah satu pemutih wajah alami. Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit. Pertama, masukkan telur dalam sebuah wadah lalu kocok hingga sedikit berbusa.

Caranya, Anda bisa mengaplikasikan telur tersebut pada kulit wajah menggunakan kuas. Diamkan hingga kering lalu bilas dengan air dingin. Untuk mengatasi aroma telur yang menyengat, Anda bisa menambahkan minyak lavender atau air perasan lemon.

2. Lemon

Nutrisi yang terkandung dalam lemon bisa mencerahkan warna kulit Anda. Caranya, potong lemon jadi dua bagian lalu gosokkan salah satu bagian lemon pada kulit wajah secara langsung.

Kemudian, Anda bisa diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

3. Pepaya

Pepaya dan jeruk

Cara mencerahkan wajah anti kusam yang bisa Anda coba adalah dengan memakai pepaya. Kandungan dalam buah pepaya akan membersihkan sel kulit mati sehingga warna kulit bisa terlihat lebih cerah.

Pertama, kupas kulit pepaya matang lalu tumbuk daging buahnya hingga halus. Aplikasikan masker pepaya itu pada kulit selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Nah, Anda bisa mengsahakan untuk melakukannya secara rutin supaya hasil yang bisa maksimal.

4. Tomat dan Lemon

Campuran tomat dan lemon bisa menjadi ramuan untuk mencerahkan wajah. Anda bisa mulai membuat ekstrak tomat dengan air lemon hingga berbentuk pasta lalu aplikasikan pada kulit selama 20 menit.

Setelah itu, bilas dengan air dingin secara perlahan. Khasiat lain tidak hanya mencerahkan kulit wajah, masker itu juga bisa jadi obat jerawat.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya

Nah, ada juga lidah buaya jadi bahan alami yang bisa menjadi ramuan untuk mencerahkan kulit wajah. Setelah mencuci kulit wajah, oleskan gel lidah buaya di kulit.

Terakhir, Anda bisa diamkan dulu selama 15 menit sebelum Anda membersihkannya dengan air.

6. Kunyit dan Jeruk Nipis

Bahan alami lainnya yang dapat dijadikan pemutih wajah adalah kunyit. Mengutip India.com, Anda perlu mencampur 1 sdt bubuk kunyit dengan 3 sdt air jeruk nipis.

Anda bisa mengaplikasikan kombinasi bahan alami itu pada kulit wajah selama 15 menit kemudian bilas dengan air.

Demikian informasi terkait bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah yang mudah diterapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×