Kesehatan Anak

Bayi susah buang air besar? Bisa diatasi dengan 4 cara ini

Jumat, 25 Desember 2020 | 10:29 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bayi susah buang air besar? Bisa diatasi dengan 4 cara ini

ILUSTRASI. Bayi susah buang air besar bisa diatasi dengan memijat perut bagian bawahnya. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bayi susah buang air besar merupakan hal yang normal. Namun, Anda perlu berhati-hati jika kondisi itu sering terjadi, apalagi jika feses yang dikeluarkan keras dan bercampur darah. Untuk menghindari kondisi yang lebih parah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Ganti Susu

Sembelit yang dialami oleh bayi bisa disebabkan karena tubuhnya sensitif terhadap bahan dasar susu formula yang dikonsumsi. Maka dari itu, mengganti susu formula yang biasa diminum dengan susu formula yang lain bisa Anda coba.

Untuk bayi yang mengonsumsi ASI, ibu menyusui perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat supaya nutrisinya bisa diserap bayi. Dengan begitu, sembelit bisa teratasi.

Perhatikan Makanan

Saat bayi sudah mulai mengonsumsi makanan dengan tekstur padat, Anda perlu memerhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Jangan sampai bayi mengonsumsi makanan-makanan yang bisa membuatnya sembelit.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi sembelit pada bayi terbaik yang bisa dilkaukan orangtua

Bayi susah buang air besar bisa diatasi dengan memberikan makanan yang mengandung banyak serat. Misalnya, brokoli, apel, buah pir, buah kering, dan lain-lain. Memberikan roti dari gandum utuh atau sereal juga bisa Anda jadikan pilihan.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Healthline (healthline.com) mengatakan bahawa menghindari dehidrasi juga bisa jadi cara mengatasi bayi susah buang air besar. Supaya tubuh bayi terhidrasi dengan baik, usahakan agar bayi minum banyak air putih dan susu.

Untuk bayi yang berusia lebih dari enam bulan, Anda bisa memberikan jus buah kering atau jus buah pir untuk meningkatkan kontraksi usus. Dengan begitu, feses akan dikeluarkan dengan lebih lancar. Untuk bayi beruisa kurang dari enam bulan, Anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mendapat saran yang tepat.

Baca Juga: 7 Cara alami memperbanyak ASI, ibu tidak perlu cemas

Pijat

Memijat perut bayi juga bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit. Pijat perut bagian bawah bayi sebanyak beberapa kali dalam sehari hingga bayi bisa buang air besar. Selain itu, usahakan supaya bayi melakukan aktivitas fisik.

Anda bisa mengajaknya berjalan atau melakukan permainan lain yang membutuhkan gerakkan badan. Healthline merekomendasikan leg bicycle untuk bayi yang belum bisa berjalan supaya buang air besar jadi lebih lancar.

Selanjutnya: Panduan menangani perut kembung pada bayi, tak perlu panik

Editor: Belladina Biananda


Terbaru