4 Cara mengatasi sembelit pada bayi terbaik yang bisa dilkaukan orangtua

Senin, 07 Desember 2020 | 10:02 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi sembelit pada bayi terbaik yang bisa dilkaukan orangtua

ILUSTRASI. Melakukan sedikit pijatan bisa jadi salah satu cara mengatasi sembelit pada bayi. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti orang dewasa, salah satu gangguan pencernaan yang bisa dialami bayi adalah sembelit. Sebenarnya, kondisi tersebut tidak berbahaya dan bisa sembuh setelah beberapa hari. Meski demikian, cara mengatasi sembelit pada bayi ini tetap perlu dilakukan supaya tubuh bayi kembali nyaman.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi Bayi

Mengubah beberapa jenis makanan yang dikonsumsi bayi sehari-hari bisa jadi cara menyembuhkan sembelit. Namun, hal tersebut bergantung pada usia bayi. Untuk bayi yang masih mengonsumsi ASI, ada baiknya bagi ibu untuk tidak makan produk olahan susu terlebih dahulu.

Cara tersebut memang tidak langsung menunjukkan hasil karena Anda perlu mencoba produk olahan susu apa yang menyebabkan bayi sembelit. Medical News Today (medicalnewstoday.com) pun mengatakan bahwa cara itu bisa tidak memberikan efek apa pun.

Jika bayi sudah bisa mengonsumsi makanan padat, ada baiknya untuk diberi buah-buahan kaya serat. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda coba, seperti apel, brokoli, buah plum, dan lain-lain. Jika bayi masih mengalami sembelit, tidak ada salahnya untuk segera berkonsultasi pada dokter.

Baca Juga: Bisa cegah sembelit, inilah 4 manfaat air hangat

Jaga Dehidrasi Tubuh

Cara mengatasi sembelit pada bayi juga bisa Anda lakukan dengan menjaga dehidrasi bayi. Jika bayi sudah berusia lebih dari dua hingga empat bulan, Anda bisa memberikan cairan tambahan berupa air putih atau jus buah untuk menghindari dehidrasi dan mengatasi sembelit.

Salah satu contoh jus yang bisa diberikan pada bayi untuk menyembuhkan sembelit adalah jus apel. Gula dalam apel akan sulit dicerna sehingga lebih banyak cairan yang masuk ke usus. Artinya, feses menjadi lunak dan mudah dikeluarkan.

Baca Juga: Ini manfaat konsumsi apel untuk kesehatan tubuh

Mandi dengan Air Hangat

Supaya sembelit yang dialami bayi bisa segera sembuh, Medical News Today merekomendasikan agar bayi dimandikan dengan air hangat. Kegiatan tersebut mampu mengendurkan otot perut bayi yang menegang akibat sembelit sehingga bayi akan merasa lebih nyaman.

Memijat Perut

Selain beberapa hal di atas, Anda juga bisa memijat perut sebagai cara mengatasi sembelit pada bayi. Cobalah untuk memijat perut bayi dengan gerakan memutar memakai ujung jari. Anda bisa memanfaatkan minyak bayi supaya gerakan pijatan Anda lebih nyaman.

Selanjutnya: Anak susah BAB: penyebab, gejala, dan cara mengatasinya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru