kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bau mulut menyerang? Tumpas bau mulut dengan mengonsumsi buah dan minuman ini


Selasa, 10 November 2020 / 15:50 WIB
Bau mulut menyerang? Tumpas bau mulut dengan mengonsumsi buah dan minuman ini
ILUSTRASI. Ilustrasi. Makan buah apel bisa menghilangkan bau mulut.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bau mulut sangat menganggu dan bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Anda sering mengalami bau mulut? Ini minuman dan buah yang bisa menghilangkan bau mulut Anda. 

Bau mulut, oh tidak. 

Baca Juga: Tidak ingin ambeien kumat lagi? Lakukan beberapa cara berikut ini

Setiap orang pasti tidak nyaman dan terganggu saat bau mulut menyerang. Pasalnya, bau mulut bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri dan membuat Anda dijauhi teman-teman.

Untuk menjaga aroma mulut tetap wangi, kebanyakan orang memilih untuk kumur setelah makan atau minum. 

Namun, tidak sedikit orang yang menyemprotkan cairan pewangi mulut atau makan permen untuk menghindari bau mulut. 
 
Faktanya, bau mulut bisa dihilangkan tanpa menggunakan cairan kimia loh. Jadi, Anda tidak perlu tergesa-gesa membeli obat kumur di apotek. 

Asal tahu saja, Anda bisa menghilangkan bau mulut dengan minum beberapa jenis minuman atau makan buah. 

Anda penasaran jenis minuman dan buah apa yang bisa menghalau bau mulut? 

Berikut daftar buah dan minuman yang bisa menghilangkan bau mulut dalam sekejap. 

1. Minum air 

Cara sederhana untuk mengatasi bau mulut adalah dengan minum cukup air saat berbuka hingga sahur. Mulut yang kering dapat menyebabkan bau mulut. 

Minum air dapat membuat mulut menghasilkan air liur. Air liur berfungsi untuk menjaga mulut tetap bersih dan karenanya Anda perlu meminum setidaknya delapan gelas air per hari untuk mengatasi bau mulut. 

2. Minum susu 

Susu sering digunakan sebagai salah satu cara mengatasi bau mulut akibat bawang putih. Anda hanya perlu meminum satu gelas susu sebelum atau setelah mengonsumsi makanan yang mengandung bawang putih. 

3. Teh hijau 

Teh hijau memiliki efek yang serupa dengan mint dan berfungsi untuk mengatasi bau mulut karena memiliki kandungan desinfektan dan penghilang bau. Anda dapat membuat dua cangkir teh dan mendinginkannya di kulkas untuk diminum saat berbuka. 

4. Yogurt 

Tidak hanya baik untuk pencernaan, kandungan probiotik dalam yogurt dapat mengurangi dan mengatasi bau mulut. Anda dapat mengonsumsi yogurt polos yang rendah lemak sebanyak sehari sekali. 

5. Soda kue 

Selain cuka, Anda juga dapat menggunakan soda kue sebagai obat kumur alami untuk mengatasi bau mulut. Kandungan sodium bikarbonat dalam soda kue dapat membunuh bakteri dalam mulut. 

Serupa dengan pembuatan larutan cuka, Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok makan soda kue ke dalam satu cangkir air hangat yang kemudian dapat digunakan untuk berkumur selama 30 detik. 

6. Cuka 

Anda dapat membuat cuka sebagai obat kumur alami yang dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut. Asam salisilat dalam cuka dapat mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan dua sendok makan cuka ke dalam satu cangkir air. Setelahnya, berkumurlah dengan larutan tersebut selama 30 detik. 

7. Apel 

Sama seperti susu, Anda dapat mengonsumsi apel untuk mengatasi bau mulut akibat bawang putih. Apel memiliki kandungan yang dapat menetralisir bawang putih dalam darah dan tidak semata-mata hanya mengatasi bau mulut karena bawang putih. 

8. Jeruk 

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat membersihkan bakteri dalam mulut. Oleh karenanya, Anda dapat mengonsumsi jeruk sebagai cara mengatasi bau mulut. 

Kunci mengatasi bau mulut tak sedap Sebenarnya kunci dari mengatasi bau mulut adalah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Gosoklah gigi selama dua menit dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride terutama setelah makan sahur. 

Selain gigi, lidah juga perlu disikat sehari sekali untuk mengatasi bau mulut. Jika Anda memiliki gigi palsu, maka perlu untuk mengeluarkan dan membersihkannya pada malam hari sebelum digunakan kembali di pagi harinya. 

Tak hanya menyikat gigi, Anda juga perlu menggunakan benang gigi (dental floss) satu kali sehari untuk mengeluarkan makanan yang menyangkut di sela-sela gigi dan menggunakan obat kumur antibakteri untuk mengatasi bau mulut. 

Penyebab bau mulut tidak sedap 

Penyebab bau mulut tak sedap dapat dikarenakan oleh berbagai hal, mulai dari yang mudah diatasi sampai yang membutuhkan perhatian medis. Beberapa penyebab dari bau mulut tidak sedap adalah: 

  • Kurang dijaganya kebersihan mulut 
  • Merokok 
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu 
  • Mulut kering 
  • Mengonsumsi makanan tertentu, seperti bawang bombay, dan sebagainya 
  • Menderita penyakit-penyakit tertentu, seperti GERD Infeksi mulut Kondisi medis menyangkut mulut, hidung, dan tenggorokan 

Apabila Anda atau kerabat tetap mengalami masalah bau mulut meskipun sudah mencoba bahan-bahan alami di atas dan obat kumur, maka perlu berkonsultasi dengan dokter untuk diberikan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.(Wisnubrata) 

Baca Juga: Awas keliru, ini beda gejala asma dan pneumonia yang harus Anda ketahui

Selanjutnya: Tidak hanya jadi bumbu masak, Ini manfaat jeruk purut untuk kesehatan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bau Mulut Tak Sedap? Begini Cara Mengatasinya!"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×