kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tidak ingin ambeien kumat lagi? Lakukan beberapa cara berikut ini


Selasa, 27 Oktober 2020 / 11:21 WIB
Tidak ingin ambeien kumat lagi? Lakukan beberapa cara berikut ini
ILUSTRASI. Ilustrasi. Seseorang menderita ambeien


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ambeien membuat setiap penderitanya merasa tidak nyaman saat beraktivitas. Anda tidak ingin ambeien kumat? Lakukan beberapa cara pencegahannya di bawah ini. 

Ambeien alias wasir merupakan penyakit yang muncul karena adanya pembengkakan vena di dalam anus bagian bawah. Ambeien ada dua macam, internal dan eksternal. 

Baca Juga: Awas keliru, ini beda gejala asma dan pneumonia yang harus Anda ketahui

Ambeien internal terletak di dalam anus atau rektum bawah. Sedangkan, ambeien eksternal berada di luar pembukaan anus. Kedua jenis ambeien tersebut bisa diderita seseorang pada waktu bersamaan.  

Apapun jenis Ambeien yang Anda derita, semuanya pasti membuat tidak nyaman. Duduk sakit, gatal-gatal, dan nyeri ketika BAB. Penelitian di Amerika Serikat menyebutkan, 50% orang dewasa pernah mengalami hemoroid, setidaknya sekali dalam hidupnya. 

Berita baiknya, ada cara yang tidak susah untuk menghentikan Ambeien supaya tidak kambuh lagi. Begini caranya: 

1. Olahraga teratur 

Nampaknya olahraga adalah obat ajaib untuk mencegah berbagai penyakit. 

Tidak hanya akan membantu Anda menghindari masalah seperti penyakit jantung, diabetes, dan Alzheimer, tetapi juga menjaga otot Anda kuat dan lentur, bahkan dapat meningkatkan performa seksual dan mencegah hemaroid kambuh.  

Harvard Health menganjurkan agar Anda melakukan 20 sampai 30 menit sehari latihan aerobik intensitas moderat, seperti jalan cepat, untuk merangsang perut dan membuat jadwal BAB menjadi teratur. 

2. Bersihkan area pribadi 

Meskipun alasannya masih belum jelas, beberapa studi menunjukkan korelasi antara kebersihan anus dengan kambuhnya  wasir. 

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 138 relawan, para ilmuwan menemukan, hubungan erat antara aktivitas membersihkan anus dan area genital setelah buang air dengan kambuhnya Ambeien. 

Para ahli menyarankan agar Anda membersihkan area genital, termasuk anus, sebelum tidur untuk memperkecil risiko kekambuhan. 

3. Perbanyak serat 

Serat merupakan bagian penting dari pola makan dan pencernaan yang sehat. Serat membantu Anda mencegah wasir dengan cara yang sama seperti olahraga-yaitu mencegah sembelit. 

Konsumsilah sekitar 25 sampai 30 gram serat setiap hari, yang dapat Anda temukan dalam makanan tinggi serat seperti kacang, brokoli, wortel,  biji-bijian, dan buah-buahan segar. 

4. Perbanyak minum air putih 

Beberapa studi menunjukka bahwa air memiliki peran penting dalam menyehatkan pencernaan. Cukup minum air dapat membuat saluran pembuangan di tubuh Anda menjadi lunak dan itu artinya mencegah konstipasi. 

5. Hindari mengangkat beban terlalu berat 

Penelitian menunjukkan kelebihan beban pada tubuh bagian bawah, dapat menekan pembuluh darah di sekitar anus dan menyebabkan Ambeien. Jadi, ketika berolahraga angkat beban, ingat untuk bernapas secara teratur untuk meringankan beban dan tekanan pada kuartal belakang tubuh Anda. 

6. Jangan menahan BAB 

Ketika di luar rumah, kebanyakan orang harus menahan keinginan untuk BAB karena alasan tidak ada toilet.

Hal ini sebenarnya dapat meningkatkan risiko munculnya ambeien. Menahan kotoran  terlalu lama dapat membuatnya mengeras dan kering di dalam usus dan akhirnya susah untuk dikeluarkan, menurut Cleveland Clinic.  

Jadi, upayakan untuk BAB  sebelum bepergian atau berusalah lebih keras mencari toilet umum saat muncul keinginan BAB ketika Anda jauh dari rumah.(Kumala Bestari)

Baca Juga: Agar tidak terlambat ditangani, ini gejala asma yang harus Anda ketahui

Selanjutnya: Jangan dibuang! Ini manfaat air cucian beras untuk kesehatan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Wasir Tidak Kambuh Lagi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×