kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banyak cara obati sakit dada bagian tengah, ini 4 di antaranya


Senin, 13 September 2021 / 16:45 WIB
Banyak cara obati sakit dada bagian tengah, ini 4 di antaranya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nyeri dada tengah merupakan salah satu kondisi yang dialami banyak orang. Cara mengobati sakit dada bagian tengah pun perlu segera Anda coba. Tujuannya supaya rasa sakit tak bertambah parah sehingga kesehatan Anda pun tetap terjaga.

Biasanya, sakit dada dihubungkan dengan adanya gangguan pada jantung. Namun, masih banyak faktor lain yang bisa menimbulkan masalah yang sama. Misalnya, sakit dada bisa terjadi karena masalah pada paru-paru, otot yang menegang, gangguan kecemasan, dan lain-lain.

Setiap orang mengalami durasi sakit dada yang berbeda-beda. Intensitas rasa sakit pun bervariasi. Jika sakit dada yang Anda alami sudah semakin parah, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Beberapa bahan alami di bawah ini bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang Anda alami. Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin supaya sakit dada bisa berkurang dan tak lagi Anda rasakan.

Baca Juga: Sering alami nyeri dada tengah? Waspadai 5 penyebabnya

Jahe

Salah satu penyebab nyeri dada yang bisa Anda alami adalah gangguan pada sistem pencernaan. Untuk mengatasinya, Very Well Health (verywellhealth.com) merekomendasikan jahe. Jenis rempah itu mengandung antiinflamasi yang efektif mengatasi perut kembung, penumpukan gas, dan lain sebagainya.

Tidak berhenti sampai di situ, jahe juga memiliki antioksidan yang bisa menyembuhkan mual dan muntah. Jadi, saat nyeri dada dibarengi dengan sakit perut, jangan ragu untuk segera mengonsumsi jahe.

Kunyit

Jenis rempah berikutnya yang cocok dijadikan cara mengobati sakit dada bagian tengah adalah kunyit. Sama dengan jahe, kandungan dalam kunyit mampu meredakan inflamasi dalam tubuh yang menyebabkan nyeri dada.

Menurut sebuah penelitian, kunyit juga bisa menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Artinya, risiko penyakit jantung dapat Anda hindari. Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen, pastikan untuk meminta saran dokter terlebih dahulu, ya.

Baca Juga: Anda mengalami nyeri dada tengah? Ini 4 penyebabnya

Kompres Dingin

Seperti yang telah disebutkan, sakit dada bisa terjadi karena otot yang menegang. Anda bisa menggunakan kompres dingin untuk mengatasi masalah itu. Gunakan kompres dingin beberapa kali dalam sehari sampai rasa sakit berkurang.

Lemon

Lemon bisa jadi cara mengobati sakit dada bagian tengah.

Cara mengobati sakit dada bagian tengah berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan lemon. Pertama, campur 1 sdm air lemon dalam 8 ons air hangat. Minum air tersebut 30 menit sebelum jadwal makan.

Meski demikian, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan hal tersebut. Mengutip Very Well Health, usahakan untuk membicarakan cara tersebut dengan dokter. Terlebih bagi Anda yang memiliki penyakit GERD atau asam lambung.

Selanjutnya: 4 Ciri penyakit jantung yang wajib Anda waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×