kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sering alami nyeri dada tengah? Waspadai 5 penyebabnya


Selasa, 10 Agustus 2021 / 12:44 WIB
Sering alami nyeri dada tengah? Waspadai 5 penyebabnya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nyeri dada tengah tak hanya bisa disebabkan karena serangan jantung. Masih banyak faktor lain yang perlu Anda waspadai supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai. Memerhatikan penyebabnya juga bisa jadi cara mencegah kondisi kesehatan yang lebih parah.

Anda perlu segera menghubungi dokter atau tenaga kesehatan jika nyeri dada dibarengi dengan gejala lain yang lebih serius. Mulai dari sesak napas, mual, pusing, dan keluar keringat dingin. Biasanya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu sebelum akhirnya mendiagnosa kondisi Anda.

Beberapa penyebab di bawah ini memerlukan bentuk perawatan yang berbeda-beda. Maka dari itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri Anda ke dokter, ya. Dengan begitu, kondisi kesehatan tubuh Anda bisa tetap terjaga.

Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi saat aliran darah dari atau ke jantung mengalami hambatan. Mengutip dari Healthline (healhtline.com), kondisi itu menyebabkan bagian dada terasa tertekan dan terasa sakit. Selain nyeri, serangan jantung juga ditandai dengan sesak napas, tangan terasa mati rasa, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Penyebab nyeri dada sebelah kanan, kenali

Perikarditis

Perikarditis adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi di perikardium atau selaput pembungkus jantung. Biasanya, inflamasi itu disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sama seperti serangan jantung, perikarditis juga dapat menyebabkan nyeri dada tengah yang bisa menjalar ke dada bagian kiri.

Pneumonia

Faktor selanjutnya yang jadi penyebab nyeri dada adalah pneumonia. Tak hanya nyeri di bagian dada, ciri-ciri pneumonia lainnya adalah demam, tubuh menggigil, dan batuk parah yang disertai dengan keluarnya dahak. Tentu saja Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter supaya kondisi kesehatan tak memburuk.

Kanker Paru-Paru

Nyeri dada tengah bisa terjadi karena kanker paru-paru.

Anda perlu mewaspadai penyebab nyeri dada tengah lainnya, yaitu kanker paru-paru. Sama seperti jenis penyakit sebelumnya, kanker paru-paru tak hanya ditandai dengan nyeri dada. Pertumbuhan sel kanker di bagian paru-paru sesak napas, batuk parah dan keluar dahak, serta kondisi yang lain.

Baca Juga: Penyebab nyeri dada sebelah kanan bisa terjadi karena 6 hal ini

GERD

Tak hanya masalah pada jantung atau paru-paru, Healthline menyebutkan bahwa nyeri dada bisa terjadi saat ada masalah pada sistem pencernaan, misalnya GERD. GERD adalah kondisi di mana katup antara lambung dan kerongkongan bermasalah.

Akibatnya, asam lambung bisa naik ke saluran pencernaan atas yang mana mengakibatkan munculnya rasa nyeri. Sebaiknya, jangan abaikan kondisi itu karena bisa memperburuk kondisi kesehatan. Semakin cepat Anda mendapat perawatan yang sesuai, kesehatan tubuh bisa tetap terjaga.

Selanjutnya: 5 Ciri-ciri Penyakit Jantung, Jangan Anda Abaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×