kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banyak Anak-Anak Kena, Apa Penyebab Gondongan Di Leher? Cek Cara Menyembuhkannya


Senin, 01 April 2024 / 07:32 WIB
Banyak Anak-Anak Kena, Apa Penyebab Gondongan Di Leher? Cek Cara Menyembuhkannya
ILUSTRASI. Banyak Anak-Anak Kena, Apa Penyebab Gondongan Di Leher? Cek Cara Menyembuhkannya


Reporter: Adi Wikanto, Tim KONTAN | Editor: Adi Wikanto

Penyebab Gondongan Di Leher - Jakarta. Sejumlah orang tua di mengeluhkan anak-anaknya mengalami sakit gondongan di leher. Apa penyebab gondongan di leher? Simak juga cara menyembuhkan gondongan di leher dengan cepat.

Temuan KONTAN di lapangan, kasus gondongan di leher pada anak-anak terjadi wilayah Kembangan, Jakarta Barat. Sakit gondongan di leher menyebabkan anak-anak absen sekolah pada Maret 2024 kemarin.

Selain itu, kasus gondongan di leher juga terjadi di sejumlah anak-anak di Kota Tangerang. "Dua anak saya sakit gondongan, di awali dari kakaknya, lalu gantian adiknya," ujar Wika Fajarwati, warga Kota Tangerang, Banten.

Lalu, apa penyebab gondongan di leher?

Mengutip penjelasan tim RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten di website Kementerian Kesehatan (Kemenkes), gondongan adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi biasanya menyerang kelenjar parotis (kelenjar yang memproduksi air liur) sehingga memicu pembengkakan.

Gejala umum gondongan adalah pembengkakan pada pipi dan rahang. Kelenjar parotis, yang terletak di bawah telinga, berfungsi untuk memproduksi air liur. Gondongan terjadi ketika kelenjar parotis mengalami peradangan akibat infeksi virus dari golongan paramyxovirus.

Virus tersebut dapat dengan mudah menyebar ke orang lain melalui percikan ludah atau air liur yang keluar mulut atau hidung. Penyakit ini perlu diatasi dengan baik karena dapat memicu komplikasi pada pengidapnya, seperti penyebaran infeksi virus pada otak hingga kehilangan pendengaran. Untuk itu, penting mengetahui pencegahan atau pengobatan yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko gondongan.

Baca Juga: Salah Satunya Konsumsi Garam, Ini 5 Penyebab Pipi Bengkak dan Pengobatan

Penyebab gondongan di leher

Penyebab gondongan di leher adalah infeksi virus dari golongan paramyxovirus. Virus ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia kemudian akan menetap, berkembang biak, dan menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada kelenjar parotis.

Penyebaran virus ini bisa dengan mudah terjadi saat :

1.      Menghirup percikan lendir saat penderita batuk, bersin, dan berbicara.

2.      Melakukan kontak langsung dengan penderita, misalnya berciuman.

3.      Menyentuh benda-benda yang ada di sekitar penderita, lalu menyentuh hidung dan mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

4.      Berbagi alat makan dan minum dengan penderita.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena gondongan, yaitu :

1.      Belum mendapat vaksin MMR untuk mencegah penyakit campak, gondongan, dan rubella.

2.      Berusia 2-12 tahun.

3.      Memiliki daya tahan tubuh yang lemah, misalnya akibat menderita HIV/AIDS, menggunakan obat kortikosteroid dalam jangka panjang, atau sedang dalam pengobatan kemoterapi.

4.      Tinggal atau bepergian ke daerah yang memiliki banyak kasus gondongan.

Ciri-ciri gondongan di leher

Ciri-ciri gondongan biasanya baru akan muncul 12-25 hari setelah terinfeksi virus. Gondongan ditandai dengan pembengkakan kelenjar parotis dan gejala penyakit infeksi.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri gondongan di leher pada anak:

1.      Pipi bengkak, bisa hanya satu sisi atau kedua sisi, akibat pembengkakan kelenjar parotis.

2.      Nyeri saat mengunyah atau menelan makanan.

3.      Demam hingga 39°C.

4.      Mulut kering

5.      Sakit kepala

6.      Nyeri sendi

7.      Nyeri perut

8.      Mudah lelah

9.      Hilang nafsu makan.

Meski demikian, pada beberapa penderita, gejala gondongan dapat lebih ringan atau menyerupai gejala pilek. Beberapa penderita bahkan tidak mengalami gejala apa pun.

Pemeriksaan ke dokter perlu segera dilakukan jika Anda atau anak Anda mengalami gejala yang lebih serius, seperti :

1.      Sakit kepala hebat.

2.      Kesadaran menurun atau pingsan.

3.      Kejang

Cara menyembuhkan gondongan dengan cepat

Melansir dari Web MD, ada beberapa cara menyembuhkan gondongan dengan cepat setelah Anda periksa ke dokter. Berikut cara menyembuhkan gondongan dengan cepat: 

1. Banyak beristirahat

Cara menyembuhkan gondongan dengan cepat yang pertama adalah banyak istrirahat. Istirahat dapat membuat sistem kekebalan tubuh cepat pulih.

Selain itu, hindarilah terlalu banyak berbicara, agar rahang Anda juga dapat beristirahat dengan cukup. 

2. Mengompres menggunakan kompres es

Cara menyembuhkan gondongan dengan cepat yang kedua adalah mengompres menggunakan kompres es. Kompres es batu dapat digunakan sebagai obat gondongan di rumah.

Kompres mampu mengurangi nyeri pembengkakan. Ini merupakan cara yang sangat baik untuk meredakan peradangan akibat gondongan. 

3. Mengoleskan gel lidah buaya

Cara menyembuhkan gondongan dengan cepat yang ketiga adalah mengoleskan gel lidah buaya. Obat gondongan alami salah satunya adalah gel lidah buaya.

Oleskan gel lidah buaya secara perlahan pada gondongan anak. Sifat antiinflamasi lidah buaya dapat meringankan rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan. 

4. Meminum banyak cairan

Cara menyembuhkan gondongan dengan cepat yang keempat adalah minum banyak cairan. Anda harus minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi akibat demam.

Perbanyaklah minum air putih agar tubuh selalu terhidrasi. Obat gondongan alami ini juga memungkinkan Anda segera sembuh. 

5. Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit

Cara menyembuhkan gondongan dengan cepat yang terakhir adalah mengonsumsi obat penghilang nyeri atau rasa sakit seperti ibuprofen dan paracetamol.

Untuk pengobatan anak, pastikan anak tidak mengonsumsi obat yang direkomendasikan untuk orang dewasa. 

Mengatasi penyakit gondongan membutuhkan waktu beberapa minggu. Tidak ada salahnya lakukan pencegahan terhadap penyakit ini dengan memberikan vaksinasi MMR pada anak-anak. 

Selain itu, menjaga kebersihan tangan dan lingkungan menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit gondongan.  

Itulah penjelasan penyebab gondongan di leher dan cara menyembuhkan gondongan dengan cepat yang bisa Anda lakukan. Hubungi dokter jika sakit tak kunjung sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×