kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Baik untuk Kesehatan Tubuh, Begini 6 Cara Diet Mediterania


Kamis, 19 Mei 2022 / 11:43 WIB
Baik untuk Kesehatan Tubuh, Begini 6 Cara Diet Mediterania
ILUSTRASI. Manfaat dan cara diet mediterania.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Diet mediterania adalah salah satu jenis diet yang bermanfaat untuk kesehatan. Menurut para ahli diet ini dipercaya mampu mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, salah satunya diabetes.

Diet Mediterania melakukan hampir semua hal dan membantu menyeimbangkan gula darah dan mencegah komplikasi dari diabetes. Selain itu, diet ini dapat membantu mencegah perkembangan penyakit jantung, melindungi dari stroke dan bahkan jenis kanker tertentu, ditambah lagi dapat membuat penurunan berat badan dan mempertahankannya lebih mudah. 

Tidak berhenti disitu, berbeda dengan diet lainnya, diet mediterania tidak memaksa Anda untuk mengatur pola makan yang ketat. Artinya Anda masih bisa makan enak jika menjalankan diet ini. 

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Melansir dari Eating Well, ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk menjalankan diet mediterania untuk menghindari diabetes atau sekalipun menurunkan kadar gula darah. Cara adalah sebagai berikut: 

Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Diet Mediterania mendorong konsumsi 6 sampai 10 porsi buah dan sayuran setiap hari. Buah-buahan dan sayuran harus menjadi menu utama setiap makan. 

Selain itu, diet mediterania menganjurkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis yang berbeda. Di antara yang paling populer adalah tomat, bayam, mentimun, brokoli, kembang kol, kangkung dan wortel. 

Perbanyak Protein Nabati

Diet mediterania juga menyarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mempunyai banyak protein nabati dari pada protein hewani. Ha tersebut tentu akan membantu menurunkan kadar gula darah sehingga terhindar dari diabetes.

Caranya, saat menjalani diet mediterania Anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan, tahu, tempe dan makanan lain yang mengandung banyak protein nabati. 

Baca Juga: 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan, Mampu Mengurangi Risiko Kanker Loh

Makanan Berserat Tinggi

Cara menjalankan diet mediterania selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Hal tersebut dapat membantu memperlambat pencernaan yang mana sehingga bisa mengontrol kadar gula darah. 

Konsumsi Lemak Sehat

Diet mediterania tentu bukan diet rendah lemak. Namun, pilih-pilih tentang lemak mana yang bisa dikonsumsi dan bisa membatu mencegah diabetes.

Diet mediterania ini adalah diet yang kaya akan lemak sehat dan tak jenuh, seperti minyak zaitun, minyak alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan berlemak, seperti salmon. 

Konsumsi Susu

Mengkonsumsi susu dengan jumlah sedang merupakan bagian penting dari diet mediterania. Anda bisa memadukan susu dengan berbagai jenis buah-buah agar lebih enak. 

Saat menjalani diet mediterania, Anda dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi susu olahan yang mengandung gula atau pemanis buatan. 

Baca Juga: Banyak Kutu Rambut? Coba Gunakan 5 Bahan Alami Ini untuk Membasminya

Makan Sedikit Daging

Daging yang dimaksud disini berasal dari ikan. Pasalnya, Ikan adalah sumber protein utama dalam diet Mediterania, bukan unggas, babi atau daging merah, sehingga diabetes bisa efektif dihindari.

Demikian cara menjalankan diet mediterania yang bisa Anda ikuti. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi agar manfaat bisa lebih maksimal khususnya mencegah diabetes dan menurunkan kadar gula darah tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×