Baik untuk kesehatan, cek 6 manfaat bersepeda ini, yuk

Sabtu, 03 Juli 2021 | 10:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Baik untuk kesehatan, cek 6 manfaat bersepeda ini, yuk

KONTAN.CO.ID - Selain mengikuti tren, ternyata ada banyak manfaat berseda yang bisa Anda dapat, lo. Tentu saja Anda perlu melakukannya secara rutin agar kesehatan tubuh dapat terjaga.

Mengutip dari Cycling Weekly, rajin olahraga, seperti bersepeda, bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Kegiatan itu mampu meningkatkan produksi protein dan mengaktifkan sel darah putih yang “malas”.

Tidak berhenti sampai di situ, masih ada segudang manfaat lain yang bisa Anda dapat dari bersepeda. Dengan melakukannya secara rutin, Anda bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit dan kesehatan tubuh secara keseluruhan dapat meningkat.

Menurunkan berat badan

Apakah Anda sedang mencari cara menurunkan berat badan? Jika iya, cobalah untuk rutin bersepeda.

Setiap bersepeda selama satu jam, ada 400 hingga 1000 kalori yang dapat terbakar. Jumlah pembakaran kalori tiap orang berbeda-beda, tergantu dari berat badan dan intensitas bersepeda Anda.

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan secara cepat tanpa membahayakan kesehatan

Menjaga kesehatan paru-paru

Menurut Cycling Weekly, rajin bersepeda mampu menjaga kesehatan paru-paru dan sistem pernapasan secara menyeluruh.

Sebuah penelitian menunjukkan, pesepeda terpapar lebih sedikit polusi dar pengguna kendaraan lain. Jadi, kondisi kesehatan sistem pernapasannya menjadi lebih sehat.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat bersepeda selanjutnya adalah waktu istirahat Anda di malam hari menjadi lebih berkualitas. Rajin olahraga mampu menurunkan tingkat kecemasan dan stres yang Anda miliki. Saat tingkat stres berkurang, Anda lebih mudah untuk tidur sehingga kualitas tidur Anda pun dapat meningkat.

Meningkatkan mood

Jika Anda merasa mood Anda sering tidak stabil, cobalah untuk membiasakan diri bersepeda. Kegiatan itu mampu meningkatkan produksi hormon adrenalin dan endorfin yang mana berpengaruh pada mood atau perasaan Anda.

Baca Juga: Olahraga bisa mencegah kanker payudara, ini cara dan panduannya

Membentuk otot

Salah satu manfaat bersepeda adalah membentuk otot.

Manfaat bersepeda lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah otot dalam tubuh menjadi lebih terbentuk. Apalagi otot-otot di bagian paha dan betis. Tak hanya itu, bersepeda juga mampu membakar lebih banyak lemak dalam tubuh.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Ada banyak cara menurunkan risiko penyakit jantung, salah satunya dengan rajin bersepeda. Kegiatan itu mampu meningkatkan detak jantung dan efektif membakar kalori sehingga aliran darah menjadi lancar.

Selain mencegah penyakit jantung, bersepeda juga mampu menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker.

Selanjutnya: Terlihat sepele, ini manfaat lari di tempat untuk kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru