kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Baik bagi kesehatan, ini 4 manfaat susu yang ampuh cegah kanker hingga diabetes


Sabtu, 13 Juli 2019 / 15:45 WIB

Baik bagi kesehatan, ini 4 manfaat susu yang ampuh cegah kanker hingga diabetes


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bukan rahasia lagi bila susu menjadi salah satu jenis minuman yang menyehatkan bagi tubuh. Mengutip darir medicaldaily.com, sebuah penelitian menemukan fakta bila susu bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis seperti kanker. 

Susu memang bisa membantu meningkatkan kesehatan karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Berikut ini kandungan dalam susu yang mampu mencegah kanker, diabetes hingga jantung.


1. Mengandung asam lemak omega-3
Risiko kardiometabolik atau kemungkinan kerusakan jantung dan pembuluh darah ditemukan rendah pada orang yang mengonsumsi produk susu dengan pitosterol dan asam lemak omega-3.

Dikemas dengan berbagai nutrisi, susu merupakan minuman pendukung untuk aliran protein, kalsium, magnesium, kalium, seng, vitamin A, riboflavin, dan asam pantotenat yang tepat dalam tubuh.

2. Mengandung Protein
Protein penting lainnya dalam susu adalah kasein. Kandungan ini membantu membentuk lapisan tipis di permukaan email gigi.

Para peneliti juga menemukan bagaimana susu dan produk terkait lainnya bekerja untuk mencegah penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, sindrom metabolik, kanker usus besar, kanker kandung kemih dan diabetes tipe 2.

3. Mengandung Kalsium
Susu adalah salah satu sumber kalsium. Teratur meminum susu bisa membuat tulang sehat dan kuat. Bahkan asupan susu bagi anak-anak bisa memengaruhi tinggi badan mereka. 

Selain itu, vitamin D yang biasanya ditambahkan bisa membantu tubuh menyerap kalsium. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko osteoporosis di masa mendatang atau rakhitis pada masa kanak-kanak.

4. Mengandung Kalium
Susu sapi merupakan sumber kalium. Peningkatan asupan kalium dan penurunan sodium dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Susu juga membantu pembentukan otot. Namun yang perlu diingat, seperti halnya pangan olahan lain, susu tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber gizi.


Sumber : Grid
Editor: Tendi

Video Pilihan


Close [X]
×