kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak cuma rokok, kopi rupanya bisa sebabkan kanker paru dan payudara


Sabtu, 13 Juli 2019 / 09:30 WIB
Tak cuma rokok, kopi rupanya bisa sebabkan kanker paru dan payudara


Sumber: Grid | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama ini rokok dianggap sebagai biang keladi kanker paru-paru. Namun, rupanya para peneliti menemukan jika kanker paru tak melulu mesti dihubungkan dengan rokok. Bahkan mungkin tak menduga jika minuman yang kerap diasosiasikan dengan tren kekinian justru memiliki kaitan dengan penyakit mematikan ini.

Ya, kopi, minuman satu ini ternyata memiliki kemungkinan meningkatkan risiko kanker paru. Melansir laman Livescience, para peneliti menemukan bahwa minum dua atau lebih cangkir kopi atau teh dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker paru-paru.

Temuan terbaru ini dipresentasikan pada 31 Maret 2019, pada pertemuan tahunan American Association for Cancer Research. Kemungkinan peningkatan risiko kanker karena konsumsi kopi atau teh ini bahkan juga ditemui pada mereka yang tidak merokok.

Dalam studi baru ini, sekelompok peneliti internasional menganalisis data dari 17 studi berbeda yang mencakup total 1,2 juta peserta di Amerika Serikat dan Asia. Studi tersebut mencatat apakah partisipan minum kopi atau teh atau merokok, dan sekitar setengahnya bukan perokok.

Para peserta didata selama rata-rata 8,6 tahun, ternyata lebih dari 20.500 peserta terserang kanker paru dalam jangka waktu tersebut. Peneliti menemukan bahwa mereka yang minum 2 cangkir kopi atau lebih dalam sehari memiliki risiko kanker paru-paru 41% lebih tinggi.

Spesifiknya, angka ini merujuk pada para peserta yang bukan perokok.

Sementara mereka yang bukan perokok tapi rutin minum 2 cangkir teh atau lebih dalam sehari juga mengalami peningkatan risiko kanker paru hingga 37%. Risiko ini tidak berubah secara signifikan walau ada perbedaan pada jenis kopi yang diminum, seperti kopi non-kafein.

Mengejutkannya, kopi tanpa kafein justru meningkatkan risiko kanker paru 15% lebih tinggi dari kopi biasa.

Namun masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengetahui lebih pasti tentang hubungan kopi dengan kanker paru.

Sebab secara garis besar sebenarnya kopi juga memiliki kaitan menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan tumor otak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×