Bahaya untuk kesehatan, hindari pantangan asam urat ini

Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bahaya untuk kesehatan, hindari pantangan asam urat ini

ILUSTRASI. Pantangan asam urat perlu Anda hindari supaya kesehatan tubuh tak memburuk.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat merupakan hasil dari purin yang tercerna dalam tubuh. Apabila jumlahnya terlalu banyak, asam urat bisa menyebabkan radang sendi dan masalah kesehatan lain. untuk menghindari hal itu, cobalah untuk membatasi konsumsi pantangan asam urat.

Radang sendi terjadi karena asam urat yang menumpuk di bagian persendian. Setiap bagian sendi berisiko mengalami inflamasi, tapi biasanya radang sendi karena asam urat lebih banyak terjadi di bagian ibu jari kaki.

Menghindari beberapa jenis makanan dan minuman di bawah ini merupakan salah satu cara mengobati asam urat. Selain itu, Anda tetap perlu rutin periksa ke dokter. Dengan begitu, obat yang sesuai dengan kondisi bisa Anda dapat dari dokter.

Alkohol

Alkohol merupakan pantangan asam urat pertama yang perlu Anda waspadai. Mengutip dari Patient (patient.info), minuman beralkohol mengandung banyak purin, apalagi bir. Saat mengonsumsi purin, jumlah asam urat yang menumpuk dalam tubuh pun semakin banyak.

Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa menambah berat badan. Artinya, risiko asam urat tinggi semakin banyak Anda alami. Jika Anda ingin mengonsumsi minuman beralkohol, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya.

Baca Juga: Yuk, coba 5 cemilan untuk penderita asam lambung ini

Jeroan

Jeroan bisa jadi pantangan asam urat.

Jeroan jadi makanan selanjutnya yang tidak baik untuk penderita asam urat. Alasannya karena kebanyakan jeroan mengandung banyak purin. Apalagi jika Anda mengolah jeroan dengan cara yang tidak sehat, misalnya menggoreng jeroan.

Udang

Udang juga termasuk pantangan asam urat yang sebaiknya Anda hindari. Sama seperti poin-poin sebelumnya, ada banyak purin yang terkandung dalam salah satu jenis seafood tersebut. Cobalah untuk mengganti seafood dengan jenis makanan lain yang lebih aman dikonsumsi penderita asam urat.

Baca Juga: 7 Gejala gula darah tinggi yang tidak boleh Anda sepelekan

Makanan dan Minuman Manis

Makanan manis termasuk salah satu pantangan asam urat.

Patient menyebutkan bahwa kondisi asam urat bisa semakin parah ketika Anda mengonsumsi makanan dan minuman manis terlalu banyak. Selain kue, minuman bersoda, atau permen, mengonsumsi yogurtm roti, sereal, dan jenis makanan lain yang diberi pemanis tambahan tak baik untuk Anda.

Makanan yang Sebaiknya Anda Konsumsi

Alih-alih mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang telah disebutkan, sebaiknya ganti menu makan Anda dengan jenis makanan yang lebih sehat. Mulai dari makanan kaya karbohidrat, telur, susu, buah, dan sayur.

Selanjutnya: 9 Sayuran yang efektif menghilangkan lemak perut dengan cepat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru