kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45912,18   -11,31   -1.22%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahannya Mudah Dicari, Ini 6 Cara Menghilangkan Gusi Bengkak


Rabu, 26 Januari 2022 / 11:46 WIB
Bahannya Mudah Dicari, Ini 6 Cara Menghilangkan Gusi Bengkak
ILUSTRASI. Beberapa jenis bahan alami bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan gusi bengkak.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda bisa mengalami gusi bengkak kapan saja. Supaya kondisinya tidak semakin parah, ada beragam cara menghilangkan gusi bengkak yang patut Anda coba. Anda bisa memanfaatkan bahan alami untuk meredakan peradangan.

Pain Assist (epainassist.com) menyebutkan ada beberapa faktor yang menyebabkan gusi bengkak. Mulai dari sisa makanan yang tertinggal di sela gigi, munculnya karang gigi, reaksi alergi, perubahan hormon, dan lain sebagainya.

Beberapa bahan alami bisa Anda gunakan untuk mengobati gusi bengkak. Namun, perlu diingat bahwa bahan-bahan ini hanya jadi obat sementara. Jika gusi bengkak tak kunjung mereda, segera periksakan diri ke dokter supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Lidah Buaya

Tahukah Anda bahwa lidah buaya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan gusi bengkak? Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya pada gusi bengkak, diamkan selama beberapa saat, kemudian berkumurlah dengan air. Ulangi langkah itu beberapa kali dalam sehari untuk mendapat hasil maksimal.

Baca Juga: Hati-Hati! 6 Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Sariawan, lo

Tea Tree Oil

Bahan pertama yang dapat Anda manfaatkan untuk meredakan gusi bengkak adalah tea tree oil. Selain meredakan inflamasi, antibakteri yang terdapat dalam jenis minyak itu juga mampu mengurangi rasa sakit yang muncul akibat gusi bengkak.

Air Garam

Cara menghilangkan gusi bengkak bisa memakai air garam.

Mengutip dari Pain Assist, gusi bengkak juga bisa Anda obati dengan air garam. Selain melawan infeksi, berkumur dengan air garam juga efektif mencegah penumpukan bakteri sehingga gusi bengkak tak semakin parah. Anda hanya perlu mencampur sejumput garam dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

Baking Soda

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan, baking soda pun berguna untuk mengobati gusi bengkak. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda bisa mencampur baking soda dengan garam dan kunyit. Dengan pemakaian rutin, gusi bengkak bisa segera sembuh.

Baca Juga: Begini 5 cara menghilangkan karang gigi sendiri di rumah

Daun Jambu Biji

Anda bisa mendapat banyak antibakteri dari daun jambu biji. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, rebus beberapa lembar daun jambu biji. Setelah mendidihkan, diamkan air rebusan daun jambu biji sebentar kemudian gunakan untuk berkumur.

Lemon

Cara menghilangkan gusi bengkak berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai lemon. Pertama, rebus air lemon dalam segelas air terlebih dahulu. Selanjutnya, gunakan air rebusan itu untuk berkumur sebanyak dua kali dalam sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×