kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahan mudah dicari, ini 4 cara menghilangkan bekas luka


Selasa, 02 November 2021 / 13:04 WIB
Bahan mudah dicari, ini 4 cara menghilangkan bekas luka
ILUSTRASI. Madu bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas luka.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.Sebenarnya, bekas luka tidak menimbulkan bahaya. Namun, kondisi kulit itu bisa menurunkan kepercayaan diri. Apalagi jika muncul di bagian kulit yang mudah terlihat. Cara menghilangkan bekas luka pun perlu segera Anda coba.

Mengutip dari Emedi Health (emedihealth.com), ada beberapa cara yang bisa Anda jadikan pilihan supaya kemunculan bekas luka berkurang. Pertama, lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari supaya bekas luka tak menghitam. Anda bisa memakai sunscreen atau pelindung kulit yang lain.

Kedua, berhenti merokok dan rajin olahraga. Kebiasaan itu bisa membuat kulit lebih sehat sehingga bekas luka bisa berkurang. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak cara lain yang bisa Anda coba, misalnya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami berikut ini.

Essential Oil

Ada banyak essential oil yang bisa Anda gunakan sebagai penghilang bekas luka. Namun, pastikan untuk mengencerkan essential oil dengan carrier oil setiap sebelum menggunakan jenis minyak itu, ya. Apabila muncul reaksi alergi yang tidak Anda inginkan, usahakan untuk segera menghentikan pemakaian.

Baca Juga: Ini cara mencegah, gejala, dan penyebab jerawat batu

Madu

Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami juga bisa Anda lakukan dengan madu. Antibakteri dan kandungan lain yang terdapat dalam madu mampu mempercepat proses menghilangnya bekas luka.

Supaya efeknya lebih maksimal, Anda perlu mencampur 2 sdm madu dengan ΒΌ gelas oatmeal terlebih dahulu. Aduk rata kemudian aplikasikan kombinasi bahan alami tersebut pada bekas luka. Setelah 15 menit, bersihkan dengan air hangat.

Baca Juga: Cari obat penghilangkan bekas luka? Pakai 5 bahan ini

Bawang Merah

Cara menghilangkan bekas luka bisa Anda lakukan dengan bawang merah.

Bawang merah juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka, lo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengaplikasikan gel bawang merah tiga kali dalam sehari dapat mempercepat proses menghilangnya bekas luka.

Selain itu, kandungan dalam bawang merah juga bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Parut bawang merah lalu oleskan pada bekas luka. Usahakan untuk melakukannya secara rutin supaya hasilnya lebih maksimal.

Lidah Buaya

Pakai lidah buaya sebagai cara menghilangkan bekas luka.

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya yang direkomendasikan oleh Emedi Health adalah dengan memakai lidah buaya. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bekas luka selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi langkah tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.

Selanjutnya: Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi secara alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×