kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahan Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Saat Usia 50 Tahun


Selasa, 15 Februari 2022 / 11:17 WIB
Bahan Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Saat Usia 50 Tahun
ILUSTRASI. Bahan Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Saat Usia 50 Tahun


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Obat kolesterol bisa dibeli di apotik. Selain obat-obatan, bahan makanan tertentu juga bisa menurunkan kolesterol.

Kolesterol adalah senyawa lilin yang ditemukan dalam darah dan berfungsi untuk membangun sel-sel yang sehat. Walau memiliki manfaat baik bagi tubuh, tingginya kadar kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan ini berbahaya bagi mereka yang telah berusia 50 tahun ke atas.

Hal ini dapat disebabkan oleh faktor genetika, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol berat, dan penambahan berat badan secara berlebihan. Nah, karena kolesterol tinggi tidaklah baik bagi orang-orang yang sudah menginjak usia kepala 5, tentu mereka harus mengasup makanan yang dapat mengatasi masalah ini.

Dilansir dari Eat This, simak bahan makanan apa saja yang dapat menurunkan kolesterol berikut ini

1. Makan lebih banyak serat larut

Bahan makanan pertama yang bisa membantu menurunkan kolesterol saat usia 50 tahun adalah makanan yang mengandung lebih banyak serat larut. Serat larut yang dapat kita temukan pada gandum, buah-buahan seperti apel dan pir, dan banyak jenis kacang-kacangan, adalah nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Hal tersebut diungkapkan oleh Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, penulis "The Sports Nutrition Playbook". “Ini adalah salah satu faktor terbesar yang dapat membantu menurunkan kolesterol karena serat larut dalam air membentuk bahan seperti gel yang dapat mengikat kolesterol,” jelasnya.

"Caranya adalah makan 25-38 gram serat sehari dan membuat 5-10 gram itu berasal dari serat larut."

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol yang Sehat dan Enak Dimakan

2. Pilih lemak yang lebih sehat

Bahan makanan kedua yang bisa membantu menurunkan kolesterol saat usia 50 tahun adalah makanan dengan lemak sehat. Menurut Courtney D'Angelo, MS, RD, penulis di Go Wellness, salah satu kebiasaan makan terbaik untuk menurunkan kolesterol setelah usia 50 tahun adalah mengganti lemak tidak sehat dengan yang lebih sehat.

"Batasi jumlah makanan yang memiliki lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar LDL (kolesterol jahat), seperti gorengan, coklat, dan makanan yang dipanggang," kata D'Angelo. Harvard Health menyatakan bahwa lemak sehat yang meliputi lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan risiko penyakit.

D'Angelo menyarankan untuk mengganti lemak jenuh dan lemak trans dengan lemak sehat ini, yang bisa didapat dari minyak zaitun, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, alpukat, dan ikan.

3. Makan buah dan sayur

Bahan makanan ketiga yang bisa membantu menurunkan kolesterol saat usia 50 tahun adalah buah dan sayur. Jika kita ingin menurunkan atau mencegah kolesterol tinggi, D'Angelo mengatakan bahwa memakan sayuran dan buah adalah hal yang penting "Konsisten makan buah dan sayuran dapat meningkatkan senyawa penurun kolesterol penting, yang disebut stanol tanaman atau sterol, yang bekerja seperti serat larut," jelas dia.

Ada 2 buah yang bisa dikonsumsi untul menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Yakni apel yang mengandung pektin, dan anggur yang mampu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan keragaman bakteri usus.

4. Makan dalam porsi kecil tapi sering

Bahan makanan keempat yang bisa membantu menurunkan kolesterol saat usia 50 tahun adalah porsi makanan yang kecil. "Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang kehilangan 5-10 persen dari berat badan mereka dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) mereka," kata Goodson.

Untuk mempercepat penurunan berat badan, Goodson menyarankan makan dalam porsi lebih kecil, makan yang tinggi seratz dan protein. Hal itu dikarenakan keduanya dapat memperlambat pencernaan, yang membantu seseorang kenyang lebih cepat dan lebih lama.

Itulah berbagai bahan makanan yang bisa dimanfaatkan membantu menurunkan kadar kolesterol bagi usia 50 tahun. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter Anda untuk mendapat penjelasan lebih lanjut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Simak 4 Makanan yang Bisa Turunkan Kolesterol di Usia 50",


Penulis : Yefta Christopherus Asia Sanjaya
Editor : Wisnubrata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×