kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahan Alami Obat Penurun Gula Darah Tinggi & Cara Mencegah Diabetes Ala Kemenkes


Selasa, 18 Oktober 2022 / 06:34 WIB
Bahan Alami Obat Penurun Gula Darah Tinggi & Cara Mencegah Diabetes Ala Kemenkes
ILUSTRASI. Bahan Alami Obat Penurun Gula Darah Tinggi & Cara Mencegah Diabetes Ala Kemenkes


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali bahan alami yang bermanfaat sebagai obat penyakit gula darah tinggi. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan angka diabetes di Indonesia tinggi. Kemenkes membagikan cara mencegah penyakit diabetes yang perlu dilakukan masyarakat.

Memahami bahan alami yang bermanfaat sebagai obat penyakit gula darah tinggi bermanfaat besar bagi setiap orang. Bahan alami itu bisa menjadi alternatif sebagai obat penyakit gula darah tinggi

Apalagi, gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini sangat menyukai makan dan minuman dengan kadar gula tinggi. Konsumsi bahan alami ini sebagai obat penyakit gula darah tinggi ini bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut bahan alami yang bermanfaat sebagai obat penyakit gula darah tinggi:

Kale

Bahan alami pertama yang bermanfaat sebagai obat penyakit gula darah tinggi adalah kale. Mengutip dari Healthline (healthline.com), serat, antioksidan, dan senyawa lain dalam bahan alami itu cukup efektif mengurangi jumlah gula darah. Cobalah untuk mengonsumsi 7-14 g kale per hari.

Baca Juga: Makanan Pemicu Darah Tinggi & Sayuran Penurun Darah Tinggi

Alpukat

Bahan alami kedua yang bermanfaat sebagai obat penyakit gula darah tinggi adalah buah alpukat. Serat, vitamin, mineral, dan jenis lemak yang Anda temukan dalam alpukat mampu mengontrol gula darah yang ada di tubuh Anda. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaat alpukat itu.

Telur

Bahan alami ketiga yang bermanfaat sebagai obat penyakit gula darah tinggi adalah telur. Rutin mengonsumsi telur juga bisa mengontrol gula darah, lho. Menurut penelitian, makan satu butir telur besar setiap hari bisa menurunkan gula darah hingga 4.4%. Kebiasaan yang sama juga berpengaruh pada sensitivitas insulin di tubuh Anda.

Oatmeal

Bahan alami keempat yang bermanfaat sebagai obat penyakit gula darah tinggi adalah oatmeal. Healthline mengatakan bahwa pengaturan gula darah dalam tubuh bisa lebih baik apabila Anda makan oatmeal secara teratur. Selain itu, makan oatmeal juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Baca Juga: Brokoli terbukti bisa menurunkan gula darah, begini cara penyajiannya

Apel

Bahan alami kelima yang bermanfaat sebagai obat penyakit gula darah tinggi adalah apel. Makan apel termasuk salah satu cara menurunkan gula darah yang layak Anda coba. bukan tanpa alasan, jenis buah itu memiliki jenis serat dan senyawa lain yang baik untuk mengontrol jumlah gula darah. Artinya, rutin makan apel bisa menurunkan risiko diabetes.

Kimchi

Bahan alami keenam yang bermanfaat sebagai obat penyakit gula darah tinggi adalah kimchi. Kimchi adalah makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan tubuh karena bisa berperan sebagai penurun gula darah. Tidak hanya kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, kimchi juga dipenuhi dengan probiotik yang bagus untuk kesehatan.

Cara mencegah diabetes menurut Kemenkes

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan angka penderita diabetes di Indonesi tinggi. Hal itu disampaikan saat ia mengunjungi sejumlah sejumlah Posyandu Prima di Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat 14 Oktober 2022.

''Saya tadi lihat di Dusun Jelenga, presentase masyarakat yang terkena diabetes sekitar 17,5%, kalau di Desa Goa angka diabetesnya sebesar 8%. Selain itu hipertensi disana juga tinggi,'' kata Menkes Budi Gunadi Sadikin .

Menkes menekankan, diabetes yang tidak tidak terkontrol dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti komplikasi jantung, stroke dan gagal ginjal yang mengharuskan pasien melakukan cuci darah sepanjang hidupnya.

''Penyakit gula itu jelek sekali. Kenapa? karena dia ibu dari segala penyakit. Kalau kadar gula tidak terkontrol selama 3-5 tahun itu pasti harus cuci darah, atau kena stroke atau kena jantung,'' ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin .

Sebagai gambaran, seorang penderita diabetes yang telah mengalami komplikasi gagal ginjal harus melakukan cuci darah sekitar 3 sampai 4 hari per minggu. Dalam sekali cuci darah membutuhkan waktu 3 sampai 4 jam. Hal ini tentunya memengaruhi kualitas hidup, produktivitas serta ekonomi penderita.

''Artinya ini tidak ada kehidupan lagi. Kalau bisa jangan sampai cuci darah, supaya jangan cuci darah jangan diabetes, supaya jangan diabetes gula darahnya harus di kontrol,'' harap Menkes Budi Gunadi Sadikin .

Masalah kesehatan tersebut, lanjut Menkes adalah masalah bersama. Untuk itu, sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan, Menkes mengajak kader-kader kesehatan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk menjadi pelopor kesehatan di masyarakat.

Diantaranya aktif melakukan kegiatan promotif preventif melalui edukasi dan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Tujuannya agar masyarakat sadar akan pentingnya pola hidup sehat agar terhindari dari berbagai penyakit berbahaya khususnya 4 penyakit tidak menular penyebab kematian tertinggi di Indonesia yakni jantung, stroke, diabetes dan gagal ginjal.

''Peranan teman-teman di Posyandu dan Puskesmas sangat penting untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat. Oleh karena itu, saya harapkan kader-kader kesehatan ikut membantu mengkampanyekan pola hidup sehat kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing,'' lanjut Menkes.

Menkes menguraikan pola hidup sehat yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah diabetes adalah dengan menjaga pola makan sehat. Mencegah diabetes juga dapat dilakukan menjaga berat badan ideal, mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam darah, aktif melakukan aktivitas fisik serta mengajak masyarakat untuk rutin memeriksakan kesehatannya di Posyandu Prima.

''Tolong jaga kesehatan, kalau kita bisa jaga kesehatan dengan baik agar lebih produktif dan sehat,'' ajak Menkes.

Itulah bahan alami yang bermanfaat sebagai obat penurun gula darah tinggi dan cara mencegah diabetes dari Kemenkes. Mari menjalankan pola hidup sehat untuk mencegah diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×