kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bagi Penderita Diabetes, Ini 8 Vitamin & Suplemen yang Bikin Gula Darah Normal Lagi


Kamis, 13 April 2023 / 08:21 WIB
Bagi Penderita Diabetes, Ini 8 Vitamin & Suplemen yang Bikin Gula Darah Normal Lagi
ILUSTRASI. Sejumlah suplemen cukup menjanjikan untuk meningkatkan manajemen gula darah dan komplikasi terkait diabetes lainnya.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jika Anda kerap mengkonsumsi martabak, minuman boba, kue, dan banyak makanan dan minuman manis lainnya, harap waspada. Pasalnya, hal tersebut bisa meningkatkan risiko diabetes. 

Di masa lalu, diabetes tipe 2 sering disebut sebagai diabetes yang kerap menyerang kalangan dewasa. Akan tetapi, belakangan, hal ini semakin umum terjadi pada anak-anak. 

Bentuk diabetes ini disebabkan ketika tubuh Anda menolak insulin atau tidak menghasilkan cukup insulin. Hasilnya adalah kadar gula darah yang tinggi, yang dapat merusak organ Anda dan menyebabkan komplikasi lainnya.

Melansir Health Line, diabetes tidak ada obatnya. Namun, banyak orang yang mampu mengelola kadar glukosa darahnya dengan diet, olahraga, dan obat-obatan. Beberapa obat ini meliputi:

- terapi insulin
- metformin (Glucophage, Glumetza, lainnya)
- sulfonilurea
- meglitinida

Diet bergizi, seimbang, aktivitas fisik, dan mempertahankan berat badan sedang adalah yang pertama, dan terkadang, bagian terpenting dari pengobatan diabetes. Tetapi bila itu tidak cukup untuk menjaga kadar gula darah Anda, dokter dapat memutuskan obat mana yang paling cocok untuk Anda.

Seiring dengan perawatan ini, penderita diabetes telah mencoba berbagai ramuan dan suplemen untuk memperbaiki diabetes mereka. 

Baca Juga: Penyebab Berat badan Susah Naik, Cek Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

Beberapa suplemen tampak menjanjikan dalam penelitian pada sejumlah hewan. Tetapi saat ini hanya ada sedikit bukti bahwa mereka memiliki manfaat yang disebutkan di atas pada manusia. 

Kini, semakin banyak orang yang beralih ke pengobatan dan suplemen alternatif. 

Menurut National Center for Complementary and Integrative HealthTrusted Source, beberapa suplemen memiliki cukup bukti untuk mendukung penggunaan dalam mencegah atau mengobati diabetes.

Yang perlu dicatat, suplemen tidak boleh digunakan untuk menggantikan pengobatan diabetes standar. Melakukannya dapat membahayakan kesehatan Anda.

Baca Juga: Kabar Baik Bagi Penderita Asam Urat, 6 Cara Ini Ampuh Hilangkan Nyeri Sendi




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×