kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Badan Cepat Gemuk? Waspada 7 Kebiasaan Buruk Ini


Senin, 11 Juli 2022 / 12:47 WIB
Badan Cepat Gemuk? Waspada 7 Kebiasaan Buruk Ini
ILUSTRASI. Kebiasaan buruk yang dapat membuat badan cepat gemuk.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Sebagian orang kerap mempunyai masalah berat badan yang cepat naik sehingga menjadi gemuk. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat badan cepat gemuk.

Kebiasaan buruk tersebut penting untuk diperhatikan sebelum kegemukan semakin memburuk. Terutama bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. 

Pasalnya jika sudah over gemuk atau obesitas akan berpengaruh terhadap kesehatan serta meningkatkan risiko munculnya penyakit.

Baca Juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Kulit, Mampu Menyamarkan Noda Hitam Loh

Oleh karena itu penting menjaga asupan makanan supaya tidak terjadi penumpukan lemak di perut yang bisa menimbulkan kegemukan. 

Melansir dari Eat This, terdapat beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat badan cepat gemuk. 

Penasaran? Berikut kebiasaan buruk yang bisa membuat badan gemuk, di antaranya: 

Makan Terlalu Larut Malam

Kebiasaan buruk yang bisa membuat badan gemuk lainnya adalah makan terlalu larut malam. Pasalnya, kebiasaan tersebut meningkatkan risiko penumpukan lemak di perut sehingga badan cepat gemuk. 

Melewati sarapan

Meskipun makan malam terlalu larut dapat secara tidak sengaja menambah berat badan menjadi gemuk,melewatkan makan pertama saat hari itu dapat menyebabkan konsekuensi yang sama. 

Ketika Anda melewatkan sarapan, insulin Anda berpotensi meningkat, menyebabkan reaksi berantai yang menyebabkan tubuh Anda secara tidak sengaja menyimpan lebih banyak lemak.

Baca Juga: 7 Obat Alami yang Ampuh Mengatasi Sakit Maag, Simak!

Makan Berlebihan

Pada akhirnya, makan berlebihan menyebabkan beberapa jumlah lemak perut yang paling menonjol dan sangat berpotensi badan jadi gemuk. 

Menurut The Mayo Clinic, ukuran porsi penting ketika mencoba untuk mencegah kelebihan lemak di sekitar bagian perut Anda. 

Terlalu Banyak Ngemil

Kebiasaan buruk selanjutnya yang bisa membuat badan gemuk adalag terlalu banyak makan camilan alias ngemil. Pasalnya, camilan tidak sehat mengandung banyak lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan. 

Baca Juga: Arema FC VS PSIS Semarang, Cek Jadwal Semi Final Leg 2 Piala Presiden 2022

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Karbohidrat Olahan

Mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat olahan juga merupakan kebiasaan yang bisa membuat gemuk. Hal tersebut dikarenakan biasanya karbohidrat olahan kebanyakan mengandung kadar gula cukup tinggi yang kurang baik bagi kesehatan. 

Makan Terlalu Cepat

Siapa sangka makan terlalu cepat juga bisa membuat seseorang cepat gemuk. Pasalnya, Menurut sebuah penelitian yang ditemukan dalam Journal of American Dietetic Association, sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang makan lebih lambat akhirnya merasa lebih kenyang daripada mereka yang makan lebih cepat. 

Baca Juga: Waspada 6 Penyebab Hipertensi yang Sebaiknya Anda Ketahui

Terlalu banyak Pergi Ke Restoran

Kebiasaan yang bisa membuat gemuk selanjutnya adalah terlalu banyak pergi ke restoran. Kenapa bisa? Karena makanan di restoran pada umumnya mengandung kalori yang sulit diperhitungkan.

Sebaliknya saat Anda makan di rumah, Anda dapat dengan nyaman menyajikan makanan sesuai selera dan tujuan nutrisi Anda sehingga terhindar dari kegemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×