kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ayo Kenali 5 Manfaat Makan Sayur Untuk Kesehatan, Apa Saja?


Senin, 13 Maret 2023 / 11:05 WIB
Ayo Kenali 5 Manfaat Makan Sayur Untuk Kesehatan, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat makan sayur untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Perlu Anda ketahui ada beberapa manfaat makan sayur untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui. Pasalnya, manfaat makan sayur untuk kesehatan juga teruji secara klinis.

Manfaat makan sayur untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, sayur menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Hal tersebut dikarenakan sayur menyimpan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, tak heran makan sayur mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh yang Sayang Dilewatkan, Catat!

Selain itu, sayur adalah salah satu makanan yang penting untuk dikonsumsi. Pasalnya, ada beberapa jenis sayur tertentu yang mempunyai manfaat yang mampu mencegah berbagai penyakit. 

Lantas apa saja manfaat makan sayur untuk kesehatan? 

Melansir dari Moorings Park, berikut beberapa manfaat makan sayur untuk kesehatan:

1. Menjadi Sumber Protein

Salah satu manfaat utama makan sayur untuk kesehatan adalah menjadi sumber protein. Pasalnya, selain daging sayur dapat dijadikan sumber protein yang juga tak kalah tinggi. 

Cukup banyak pilihan sayur yang mengandung banyak protein. Di antaranya seperti bayam, kacang kedelai jagung, kubis dan lain-lain.

Baca Juga: Ayo Simak 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Makan sayur juga bermanfaat untuk kesehatan salah satunya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan sayur adalah salah satu makanan yang kaya akan nutrisi.

Kandungan nutrisi tersebut yang berperan aktif meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah radikal bebas, hingga mengurangi kerontokan rambut sekalipun.

Baca Juga: 5 Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis, Apa Saja?

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat makan sayur untuk kesehatan lainnya yakni dapat meningkatkan kesehatan mental loh. Sebuah studi tahun 2020 menunjukkan bahwa orang yang makan beragam sayuran dan buah-buahan cenderung mengurangi depresi dan kecemasan, serta meningkatkan rasa optimisme dalam hidup.

Ada juga penelitian lain yang menunjukkan bahwa makan sayur mentah (atau hampir tidak dimasak) dapat meningkatkan manfaatnya. Khusunya berlaku untuk wortel dan mentimun.

4. Meningkatkan Kesehatan Usus

Makan sayur juga sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan usus. Pasalnya, sayur mengandung banyak serat dan antioksidan yang mampu melancarkan sistem pencernaan dan membuat usus menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Ayo Kenali 6 Penyebab Vertigo yang Sering Dialami dan Patut Diwaspadai

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat makan sayur berikutnya yaitu juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan makan sayur mampu mengurangi risiko berbagai gejala penyakit jantung seperti kolesterol tinggi hingga tekanan darah tinggi.

Salah satu studi terbaru menemukan bahwa mereka yang meningkatkan porsi makan sayur dalam diet dapat mengurangi penanda hampir semua indikator penyakit jantung.

Demikian beberapa manfaat makan sayur untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×