kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asam Urat Sering Menyerang Kaki, Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya


Selasa, 22 November 2022 / 06:53 WIB
Asam Urat Sering Menyerang Kaki, Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya
ILUSTRASI. Serangan asam urat pada kaki sangat mengganggu karena dapat menyebabkan gejala nyeri yang menyakitkan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Serangan asam urat pada kaki sangat mengganggu karena dapat menyebabkan gejala nyeri yang menyakitkan. 

Dilansir dari buku Asam Urat oleh dr. Nyiman Kertia, Sp.P.D.-K.R., ciri- ciri asam urat pada kaki antara lain sendi terasa nyeri, bengkak, dan kemerahan. 

Sendi di kaki yang kerap terimbas penyakit asam urat antara lain jempol jari kaki, pangkal jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut. 

Gejala asam urat tinggi ini utamanya muncul setelah penderita mengonsumsi makanan yang banyak mengandung purin seperti jeroan, emping, atau kacang-kacangan. 

Tak hanya nyeri sendi, ciri-ciri asam urat pada kaki lainnya yakni kesemutan karena peredaran darah tidak lancar. Selain itu, kadar asam urat tinggi biasanya juga ditandai dengan badan pegal linu. 

Mengingat serangan asam urat dapat membuat tubuh merasa tidak nyaman sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, penyakit ini perlu perawatan tepat. 
Cara mengobati asam urat pada kaki memerlukan perawatan dengan pengobatan dokter atau perawatan mandiri di rumah sewaktu terjadi serangan. 

Baca Juga: Air rebusan cengkeh bermanfaat sebagai obat herbal untuk asam urat

Berikut beberapa cara mengatasi asam urat pada kaki untuk meredakan gejala penyakit: 

1. Gunakan kompres dingin 

Melansir buku Asam Urat oleh Tim Vitahealth, mengistirahatkan sendi adalah cara menyembuhkan asam urat pada kaki begitu serangan penyakit muncul. Untuk membuat sendi kaki rileks, kompres bagian kaki yang sakit dengan meletakkan es batu yang dibungkus kain beberapa jam sekali. 

Baca Juga: Penderita asam urat, jangan konsumsi 5 makanan ini!

Kompres dingin dapat mengurangi nyeri akibat peradangan sendi terkait asam urat. Bila perlu, penderita juga bisa memasukkan kaki yang bengkak ke dalam ember berisi air es. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×