Tips Sehat

Asam urat sering kumat? Makan bawang putih efektif menurunkan asam urat tinggi

Senin, 14 Juni 2021 | 14:19 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Asam urat sering kumat? Makan bawang putih efektif menurunkan asam urat tinggi

ILUSTRASI. Bawang putih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat tinggi ditandai dengan rasa nyeri yang menyakitkan disalah satu bagian tubuh. Bawang putih efektif membantu menurunkan asam urat tinggi. 

Asam urat bukanlah penyakit yang menular tapi asam urat bisa menyerang siapa saja, laki-laki atau perempuan. 

Baca Juga: 5 Buah yang baik dikonsumsi penderita asam urat

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun. 

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. 

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki. 

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. 

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan. 

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi. 

Umumya, penderita minum obat resep dokter untuk menurunkan kadar asam urat. Cara lainnya, penderita asam urat juga bisa minum obat herbal untuk mengobati penyakitnya.

Bawang putih bisa membantu menurunkan asam urat tinggi 

Ada banyak jenis obat herbal yang bermanfaat untuk menurunkan asam urat tinggi. 

Salah satunya adalah Bawang putih. Mengutip dari buku berjudul Penyakit Asam Urat Kandas Berkat Herbal, bawang putih mengandung antioksidan yang bisa membantu menurunkan asam urat tinggi. 

Melansir dari Tribunnews.com, Anda cukup mengonsumsi tiga siung bawang putih mentah setiap hari untuk menurunkan asam urat tinggi. 

Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi selama masa pengobatan. Setelah sembuh, Anda sebaiknya olahraga secara rutin untuk mengontrol kadar asam urat. 

Baca Juga: Asam urat naik? Merica bisa menurunkan asam urat tinggi

Selanjutnya: Asam urat tak kunjung reda? Kunyit efektif menurunkan asam urat tinggi

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru