Kesehatan Umum

Asam urat kumat lagi? Infused water serai bermanfaat sebagai obat untuk asam urat

Selasa, 06 Oktober 2020 | 19:30 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Asam urat kumat lagi? Infused water serai bermanfaat sebagai obat untuk asam urat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda sedang menderita asam urat? Tenang, infused water serai bermanfaat sebagai obat untuk asam urat.   

Untuk sebagian orang pasti sudah tidak asing dengan penyakit asam urat. Maklum saja, asam urat jadi salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat tanah air. 

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun. 

Baca Juga: Jangan salah, ini perbedaan asam urat dan rematik yang harus Anda pahami

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. 

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki. 

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. 

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan. 

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi. 

Umumya, penderita minum obat resep dokter untuk menurunkan kadar asam urat. Opsi lainnya, penderita asam urat juga bisa minum obat herbal untuk mengobati penyakitnya. 

Mengutip dari buku berjudul Variasi Favorit Infused Water Berkhasiat karya Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz., Yunita Indah Prasetyaningrum, S.Gz, asam urat juga bisa diredakan dengan minum infused water serai. 

Infused water serai bisa jadi solusi untuk penderita asam urat yang enggan minum obat kimia. 

Serai obat herbal asam urat

Umumnya masyarakat mengenal serai sebagai bahan bumbu masakan. Faktanya, serai banyak digunakan dalam dunia pengobatan herbal. 

Serai mengandung geraniol, sitronelol, citranelal, citral geraniol, eugenol, limonene. Kandungan zat tersebut membuat serai efektif dijadikan obat penurun kolesterol. 

Selain itu, serai bersifat detoksifikasi alias melancarkan pencernaan serta peluruh asam urat. 

Alih-alih direbus, para penderita asam urat bisa mengolah serai menjadi infused water. 

Cara membuat infused water serai cukup mudah, berikut panduannya. 

Bahan 

  • Serai 2 batang atau 200 gram 
  • Air 500 ml

Anda cuci serai sampai bersih lalu masukkan ke dalam air di botol tertutup. Anda letakkan air dan serai tersebut selama empat sampai lima jam di dalam kulkas. 

Setelah dingin, Anda bisa minum infused water serai.

Baca Juga: Ini manfaat minum kopi untuk penderita asam urat

Selanjutnya: Daun kumis kucing efektif mengobati penyakit kencing batu

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru