Asam Urat Bisa Menyerang Akibat 5 Faktor Ini, Banyak yang Tidak Tahu

Jumat, 09 September 2022 | 04:10 WIB Sumber: Kompas.com
Asam Urat Bisa Menyerang Akibat 5 Faktor Ini, Banyak yang Tidak Tahu


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit asam urat pada umumnya menyerang persendian. Dengan kata lain, ini merupakan penyakit degeneratif yang bisa menyerang seiring bertambahnya usia. 

Apa saja faktor risikonya? 

Dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa faktor yang memicu asam urat. 

1. Jenis kelamin, pria tiga kali lebih berisiko 

Kasus asam urat paling umum terjadi pada pria. Bahkan beberapa penelitian risiko tersebut tiga kali lebih tinggi daripada wanita. Pria cenderung mengembangkan penyakit tersebut antara usia 30-45 tahun. Sedangkan wanita berisiko di usia yang lebih tua pada 55-70 tahun. 

Mengapa pria tiga kali berisiko tinggi terkena asam urat? 

Faktor tersebut dapat dijelaskan karena tubuh wanita secara alami memproduksi hormon estrogen. Hormon tersebut lantas bertindak sebagai "pelindung" pada kaum Hawa, yang mana kadar asam urat secara alami dapat terbuang melalui urine di usia produktif. 

Namun, ketika fase menopause, produksi hormon estrogen berkurang secara perlahan yang kemudian dapat menimbulkan risiko asam urat di usia lanjut. 

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Sukun yang Jarang Diketahui

2. Riwayat keluarga 

Bila ada riwayat keluarga memiliki asam urat, maka secara tidak langsung keturunannya juga berisiko tinggi mengembangkan penyakit yang sama. Dalam hal ini, faktor genetik memengaruhi sistem metabolisme dalam membuang kadar asam urat di dalam tubuh melalui urine.  

Sehingga kerabat dekat juga memiliki risiko yang sama, meski sebenarnya risiko dapat diminimalisir dengan perubahan pada pola makan dan gaya hidup.  

3. Efek samping obat-obatan tertentu 

Beberapa obat memiliki efek samping yang kemungkinan meningkatkan risiko. Misalnya obat untuk penyakit jantung dan tekanan darah tinggi yang bersifat diuretik dan beta-blocker. 

Selain itu, beberapa obat seperti aspirin, siklosporin, obat kanker, obat autoimun, niacin (obat penurun kolesterol) juga memengaruhi perkembangan risiko terkait asam urat. 

Baca Juga: Manfaat Apel Hijau untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Penyakit Jantung

4. Akibat gaya hidup 

Gaya hidup memainkan peran penting dalam risiko penyakit asam urat serta penyakit lainnya. Misalnya ketika ada orang tidak menjaga asupan makanan yang ternyata mengandung purin tinggi. Tentu risiko terkena asam urat juga akan lebih tinggi. 

Kemudian orang yang terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol juga memiliki risiko yang sama.

5. Kondisi medis tertentu 

Berbagai kondisi medis pada tubuh seseorang tampaknya berisiko terkena asam urat. Seperti pasien gagal jantung kongestif, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, orang dengan sindrom metabolik seperti resistensi insulin, penyakit ginjal hingga anemia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Faktor Risiko Asam Urat yang Jarang Diketahui"
Penulis : Dinno Baskoro
Editor : Glori K. Wadrianto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru