11 Manfaat Buah Sukun yang Jarang Diketahui

Kamis, 08 September 2022 | 14:32 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
11 Manfaat Buah Sukun yang Jarang Diketahui

ILUSTRASI. Manfaat buah sukun.


KONTAN.CO.ID - Di Indonesia, buah sukun sering dijadikan camilan lezat seperti gorengan, keripik, hingga kolak. Namun, ternyata ada banyak sekali manfaat buah sukun bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia. 

Buah dengan nama Latin Artocarpus altilis adalah buah khas tropis yang secara fisik hampir menyerupai buah nangka. 

Bedanya, buah sukun tidak lancip berduri dan cenderung pipih. Buah sukun juga memiliki daging buah berwarna putih yang empuk dan manis.

Lantas, apa saja manfaat buah sukun bagi kesehatan?

Baca Juga: Perluas Pasar Komoditas, Pemerintah Dorong UMKM Papua Masuki Ekosistem Digital

Manfaat buah sukun

Manfaat buah sukun

Ada banyak sekali manfaat sukun. Buah bulat besar ini kaya akan nutrisi serta bisa jadi sumber karbohidrat tinggi. Bahkan daun, batang, dan akar buah sukun juga dapat memberikan manfaat kesehatan.

Berikut ini manfaat buah sukun seperti dilansir dari Healthifyme:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat buah sukun salah satunya adalah mendukung kesehatan jantung. Khasiat sukun yakni kaya akan potasium dan kalium. Kalium membantu kelancaran aliran darah melalui arteri.

Mineral ini bisa mengatur kontraksi otot di jantung sehingga dapat mengontrol detak jantung dan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, asam lemak omega-3 pada manfaat buah sukun juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Baca Juga: HKTI Dorong Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Untuk Ketahanan Pangan Nasional

2. Mencegah dan mengontrol diabetes

Sukun adalah makanan ideal bagi penderita diabetes. Sebab, buah sukun memiliki serat makanan dan protein yang berlimpah. Keduanya adalah pilihan yang padat protein dan rendah glikemik. 

Sebuah penelitian menunjukkan, tepung sukun membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Serat melewati saluran pencernaan secara perlahan. 

Akibatnya, makanan membutuhkan waktu untuk dicerna. Dengan demikian, kadar glukosa darah tidak melonjak setelah makan. Itu sebabnya, salah satu manfaat buah sukun sangat baik untuk penderia deabetes. 

3. Membantu pencernaan

Manfaat buah sukun juga bisa terkait dengan masalah pencernaan. Serat makanan dalam buah sukun dapat membantu dalam meningkatkan pergerakan usus. 

Serat makanan juga menyerap air di usus dan melunakkan tinja. Akibatnya, tinja keluar dengan lancar. Dengan demikian, makanan kaya serat seperti sukun mencegah sembelit dan gangguan pencernaan.

Manfaat sukun juga meningkatkan kesehatan usus dengan menumbuhkan bakteri baik dalam tubuh. Selain itu, penelitian menunjukkan, khasiat sukun bisa mencegah infeksi dan peradangan dengan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Baca Juga: 5 Manfaat Jantung Pisang, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Ginjal

4. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat buah sukun selanjutnya yakni terkait fungsi otak. Sukun adalah sumber zat besi, vitamin C, dan banyak nutrisi lainnya. Zat besi diperlukan untuk berfungsinya sel darah. 

Sejumlah vitamin dan mineral ini memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke semua organ. Selain itu, kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan anemia. Juga, karena kekurangan zat besi, suplai oksigen ke otak berkurang.

Vitamin C, vitamin E, asam lemak omega-3 pada manfaat sukun adalah nutrisi antioksidan. Penelitian telah menunjukkan, nutrisi antioksidan mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Ini karena vitamin dan mineral ini bisa mengurangi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, antioksidan melindungi sel dan jaringan otak dan juga memperlambat perkembangan penyakit.

5. Meningkatkan kesehatan reproduksi

Manfaat buah sukun selanjutnya yakni bisa mendukung kesehatan reproduksi. Sukun memiliki asam lemak Omega 3 dan 6 yang dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 meningkatkan motilitas sperma. Selain itu, lemak omega membantu mempromosikan sintesis sperma.

Studi juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 meningkatkan PCOD pada wanita. Bukan cuma itu, antioksidan dalam buah sukun juga dapat mencegah kanker prostat dan ovarium.

Baca Juga: Hari Lahir Pancasila, Jokowi Kunjungi Taman Renungan Bung Karno

Manfaat Buah Sukun

6. Mencegah kanker

Siapa sangka jika manfaat buah sukun salah satunya adalah pencegah kanker. Antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, dan asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah kanker. 

Biasanya, kanker terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak terkendali, akibat kerusakan radikal bebas jangka panjang pada sel. Seperti yang sudah disebutkan, antioksidan membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh. 

Dengan demikian, senyawa-senyawa tersebut efektif mencegah pertumbuhan dan perkembangan kanker. Selain itu, penelitian juga menunjukkan, antioksidan membantu menghancurkan sel kanker.

7. Membantu dalam penurunan berat badan

Manfaat sukun juga dapat secara efektif membantu diet atau penurunan berat badan. Sukun penuh dengan serat makanan yang berperan penting untuk mengontrol berat badan. 

Selain itu, serat pada manfaat buah sukun membuat seseorang kenyang untuk waktu yang lebih lama. Akibatnya, keinginan untuk mengemil makanan yang tidak sehat berkurang. Sehingga, hal ini dapat membantu mencegah kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Baca Juga: Ini Cara Konsumsi Daun Sukun untuk Mengobati Asam Urat

8. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat buah sukun juga bisa menyehatkan kulit. Vitamin C membantu meningkatkan elastisitas kulit dan meregenerasi sel-sel kulit baru. Selain itu, penelitian telah menunjukkan, vitamin C melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. 

Oleh karena itu, manfaat buah sukun juga dapat membantu mengurangi dampak sinar UVA dan UVB yang berbahaya yang menyebabkan kerutan, kulit kendor, tanda-tanda penuaan, dan sebagainya. 

9. Mengatur tekanan darah

Khasiat sukun juga sangat berguna bagi kesehatan tekanan darah. Hipertensi dapat menyebabkan stroke atau gagal jantung bila memburuk. Sesuai penelitian, potasium dalam manfaat buah sukun memiliki sifat antihipertensi.

Ini membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah dengan memperlebar arteri. 

Oleh karena itu, manfaat sukun adalah membuat aliran darah lebih mudah. Dengan demikian, kandungan sukun bisa mengatur tekanan darah dan mencegah hipertensi.

Baca Juga: Kinerja Industri Pangan Semakin Gurih, Kemenperin Pacu Diversifikasi Produk

10. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat buah sukun berikutnya adalah baik untuk kesehatan tulang. Sukun memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi. Ini juga termasuk kalsium, fosfor, mangan, dan magnesium. 

Penelitian menunjukkan, kalsium dan fosfor sama-sama penting untuk kesehatan tulang. Mereka membentuk struktur yang kuat, meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah patah tulang. 

Pada akhirnya, manfaat buah sukun juga bisa mengurangi risiko penyakit seperti osteoporosis. 

11. Memperkuat imunitas

Manfaat buah sukun terakhir adalah sebagai penguat daya tahan tubuh karena kandungan antioksidannya. Selain itu, serat juga berperan dalam imunitas. 

Studi menunjukkan, serat bertindak sebagai makanan bagi bakteri baik di usus. Oleh karena itu, manfaat buah sukun juga membantu dalam mempromosikan bakteri baik. 

Sementara itu, sukun juga menghancurkan bakteri berbahaya. Manfaat sukun juga mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Itulah beberapa manfaat buah sukun yang bisa Anda peroleh juga mengonsumsinya. Jadi, tak ada salahnya memasukan buah sukun dalam menu harianmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru