Asam lambung naik pada malam hari, simak langkah-langkah mengatasinya

Kamis, 09 September 2021 | 17:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Asam lambung naik pada malam hari, simak langkah-langkah mengatasinya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gejala asam lambung naik bisa Anda alami kapan saja, termasuk malam hari. Cara mengatasi asam lambung naik pada malam hari pun perlu Anda ketahui. Tujuannya supaya waktu istirahat tidak terganggu.

Ada beberapa jenis ciri-ciri asam lambung yang bisa Anda alami. Misalnya, muncul heartburn atau sensasi terbakar dari perut hingga mulut, nyeri dada, dan lain sebagainya. Tentu saja hal itu bisa membuat tubuh Anda terasa tak nyaman.

Sebenarnya, kondisi itu bisa Anda obati dengan obat asam lambung di apotek. Namun, memanfaatkan bahan-bahan alami juga dapat Anda coba. Selain mudah didapat, bahan-bahan alami juga memiliki harga yang cukup murah.

Namun, bukan berarti Anda hanya menggunakan bahan-bahan alami, ya. Apabila gejala asam lambung semakin parah dan tak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi diare ini layak Anda coba, apa saja?

Air Rebusan Jahe

Melansir Fisher Titus (fishertitus.org), minum air rebusan jahe baik untuk sistem pencernaan, tak terkecuali untuk mengatasi asam lambung tinggi. Untuk memaksimalkan efeknya, minum air rebusan jahe 30 menit sebelum Anda makan.

Kunyah Permen Karet

Cara mengatasi asam lambung naik pada malam hari dapat Anda lakukan dengan mengunyah permen karet. Biasanya, gejala asam lambung meredak 30 menit setelah Anda mencoba langkah tersebut.

Saat mengunyah permen karet, produksi air ludah meningkat. Nah, jumlah air ludah yang bertambah mengakibatkan zat asam berkurang. Dengan begitu, asam lambung bisa dapat terobati dengan baik.

Makan Buah

Fisher Titus merekomendasikan Anda untuk mengunyah buah supaya gejala asam lambung hilang. Salah satu jenis buah yang bisa Anda jadikan pilihan adalah pisang karena mengandung banyak antacid. Cobalah untuk makan pisang matang secara teratur.

Selain pisang, masih banyak jenis buah lain yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari apel, melon, blewah, hingga semangka. Satu hal yang perlu Anda pastikan adalah hindari jenis buah dengan rasa yang asam, seperti jeruk, nanas, dan lain-lain.

Baca Juga: Ini 5 cara mengatasi gula darah rendah

Minum Teh Kamomil

Cara mengatasi asam lambung naik pada malam hari selanjutnya yang sebaiknya tak Anda lewatkan adalah minum teh kamomil. Selain menurunkan asam lambung secara langsung, minum teh kamomil juga mampu mereduksi stres sehingga berdampak baik untuk kesehatan lambung.

Manfaatkan Baking Soda

Manfaat baking soda adalah digunakan sebagai cara mengatasi asam lambung naik pada malam hari.

Baking soda juga bisa dimanfaatkan sebagai obat asam lambung, lo. Anda perlu mencampur 1 sdt baking soda dalam 8 ons air terlebih dahulu. Aduk rata lalu minum air baking soda itu secara teratur. Hindari konsumsi air baking soda secara berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping.

Selanjutnya: 8 Minuman yang baik untuk penderita asam lambung, salah satunya air kelapa

Editor: Belladina Biananda
Terbaru