Arti warna feses untuk kesehatan tubuh

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:00 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Arti warna feses untuk kesehatan tubuh

KONTAN.CO.ID - Tinja atau feses adalah produk limbah akhir yang dihasilkan oleh sistem pencernaan. Limbah padat itu dibuang dari usus besar melalui anus saat defekasi atau buang air besar (BAB), dikutip dari Wikipedia.

Pada umumnya, feses dapat dikeluarkan dari tubuh sebanyak 1 atau 2 kali dalam sehari. Jika lebih atau kurang dari itu, bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem pencernaan. Sementara, berat feses yang dibuang orang dewasa rata-rata mencapai 100-250 gram per hari.

Sebelum dikeluarkan dalam bentuk feses, makanan yang anda konsumsi akan melalui proses pencernaan terlebih dahulu. Lamanya proses ini berbeda-beda pada setiap orang, namun normalnya adalah dua hingga tiga hari.

Demikian pula frekuensi pembuangan zat sisanya. Beberapa orang buang air besar sehari sekali hingga tiga kali sehari. Umumnya, feses yang sehat berwarna kecokelatan dan berbentuk seperti sosis, dengan tekstur yang lembut atau padat. Selain itu, feses juga harusnya mudah untuk dikeluarkan dan tidak begitu berair.

Baca Juga: Cari cara mengatasi diare? Coba 5 bahan alami ini, yuk

Apabila feses anda memiliki warna yang berbeda, mungkin menandakan adanya gangguan pada tubuh anda. Berikut arti warna feses untuk kesehatan tubuh.

Warna Hitam

Jika anda mengeluarkan feses berwarna hitam itu bearti ada pendarahan pada saluran cerna bagian atas seperti kerongkongan, lambung atau usus halus. Bisa juga karena mengonsumsi daging secara berlebihan.

Warna putih atau pucat

Kemungkinan ada masalah pada empedu jika feses yang anda keluarkan berwarna putih pucat. Sehingga produksi cairan empedu tidak cukup untuk mengurai makanan.

Warna merah

Terjadi pendarahan di saluran pencernaan. Warna merah pada feses bisa berarti anda pernah memakan makanan yang berwarna marah. Bisa juga feses yang berwarna merah menunjukkan ada gejala wasir.

Baca Juga: 4 Gejala penyakit liver ini perlu Anda perhatikan, apa saja?

Warna kuning berminyak dan berbau busuk

Kelebihan lemak dalam feses yang dikeluarkan, hal ini diakibatkan ketidakmampuan usus mencerna dan menyerap lemak.

Warna coklat

Feses yang sehat dan normal akan memiliki warna coklat berbentuk seperti sosis bisa lembek ataupun padat namun tidak susah untuk dikeluarkan.

Warna hijau

Konsumsi sayuran hijau bisa menyebabkan feses berwarna hijau. Namun kemungkinan juga disebabkan karena terlalu banyak empedu. 

Moms, harus tahu arti warna feses untuk kesehatan. Tubuh kerap memberikan tanda-tanda atau sinyal terkait permasalahan kesehatan yang sedang dialami oleh tubuh. sehingga harus paham dan mengerti tanda yang dikeluarkan tubuh. Berikut arti warna feses untuk kesehatan tubuh yang harus Moms mengerti.  

Selanjutnya: 10 Tanda Anda Harus Segera Mulai Diet

Editor: Helvana Yulian
Terbaru