kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Jeruk Nipis Bisa Menurunkan Berat Badan? Cek 9 Cara Bakal Lemak Berikut


Kamis, 09 Maret 2023 / 07:40 WIB
Apakah Jeruk Nipis Bisa Menurunkan Berat Badan? Cek 9 Cara Bakal Lemak Berikut
ILUSTRASI. Apakah Jeruk Nipis Bisa Menurunkan Berat Badan? Cek 9 Cara Bakal Lemak Berikut


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Apakah jeruk nipis bisa menurunkan berat badan? Simak cara menurunkan berat badan 60 kilogram (kg) menjadi 45 kg.

Banyak orang yang bertanya-tanya, "apakah jeruk nipis menurunkan berat badan?" Hal ini karena banyak yang bilang bahwa air perasan jeruk nipis bisa membantu menurunkan berat badan.

Informasi yang beredar, air perasan jeruk nipis membantu mempercepat metabolisme sehingga membantu menurunkan berat badan. Air perasan jeruk nipis ini juga harus dikombinasikan dengan diet untuk menurunkan berat badan.

Jadi, apakah jeruk bisa menurunkan berat badan?

Ahli diet Jaime Ackerman Foster dari Net Wellness menyebut, tidak ada bukti bahwa jeruk nipis dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut American Exercise Council, satu-satunya cara untuk meningkatkan metabolisme adalah dengan membangun otot melalui latihan kekuatan.

Baca Juga: WaspadaI! Ini 4 Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Cepat Naik

Nutrisi dalam air jeruk nipis

Meskipun ternyata tidak memiliki kekuatan untuk menurunkan berat badan, tetapi jeruk nipis menawarkan manfaat nutrisi bagi kita yang mengikuti diet rendah kalori untuk menurunkan berat badan. Seperti dikutip dari Live Strong, segelas air jeruk nipis dengan perasan satu buah jeruk nipis hanya memiliki 11 kalori, yang menjadikannya pilihan minuman yang baik untuk penghitung kalori.

Selain itu, air jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, dengan jus satu jeruk nipis menyediakan 22 persen dari nilai harian. Tidak mendapatkan cukup vitamin C dalam diet dapat memengaruhi penurunan berat badan kita saat berolahraga.

Lalu, menurut sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Nutrition and Metabolism, rendahnya tingkat vitamin C juga membatasi kemampuan tubuh untuk memecah lemak saat berolahraga. Oleh sebab itu, vitamin C memainkan peran penting dalam membantu tubuh memecah lemak selama berolahraga.

Sebagai vitamin yang larut dalam air, penting bagi kita untuk mendapatkan dosis harian vitamin C guna mempertahankan kadar yang memadai. Menurunkan berat badan dengan air jeruk nipis Air putih harus selalu menjadi pilihan pertama ketika ingin minuman untuk memuaskan dahaga.

Jika minum air putih sulit karena kita tidak suka rasanya, menambahkan perasan jeruk nipis dapat membantu kita minum lebih banyak. Di samping itu, minum lebih banyak air juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan membantu kita merasa kenyang.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition membandingkan air minum dengan minuman diet pada penurunan berat badan pada sekelompok peserta obesitas yang mengikuti diet rendah kalori. "Sementara kedua kelompok kehilangan berat badan, peminum air kehilangan lebih banyak," kata para peneliti.

Di sisi lain, menurunkan berat badan juga membutuhkan komitmen untuk membuat perubahan pada diet kita saat ini, yang lebih dari sekadar menambahkan air jeruk nipis. Diet rendah kalori dan kaya nutrisi, misalnya, dapat memberikan hasil yang maksimal karena kita memiliki asupan yang lebih seimbang.

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg

Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Namun, cara menurunkan berat badan terasa sulit ketika timbunan lemak yang dihilangkan mencapai 15 kilogram (kg). Misalnya, menurunkan berat badan dari 60 kg menjadi 45 kg.

Namun, hal itu tak lantas menjadi perkara yang tidak mungkin dilakukan. Preetam Adwani, pria asal India yang berprofesi sebagai Manajer Produk di Bank Investasi Multinasional Prancis telah membuktikannya.

Dilansir dari Times of India, Preetam mengaku berhasil menurunkan berat badannya dari 91 kg ke 76 kg hanya dalam 4 bulan. Penurunan berat badan hingga 15 kg itu dicapainya dengan mengubah pola makan dan berolahraga berjalan kaki sekitar 10.000 - 15.000 langkah per hari.

Lantas bagaimana cara menurunkan berat badan sebanyak 15 kg?

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjad 45 kg

Menurunkan berat badan bisa dilakukan secara bertahap. Anda bisa memulainya dengan menurunkan 10 kg di bulan pertama dan sisanya di bulan ke dua. Dilansir dari Healthline, berikut cara sederhana menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg:

1. Kurangi karbohidrat olahan

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang pertama adalah mengurangi karbohidrat olahan. Ahli gizi Lisa Young dalam eatthis mengatakan, makanan karbohidrat olahan mengandung tinggi yang meningkatkan gula darah. Beberapa makanan yang termasuk ke dalam karbohidrat olahan adalah roti putih, pasta, dan nasi.

2. Sarapan makanan berprotein

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang kedua adalah sarapan makanan berprotein. Menambah asupan makanan berprotein sangat penting untuk menurunkan berat badan.

Menurut Healthline, berikut cara mengukur kebutuhan protein dalam tubuh:

  • 0,8 gram/kg berat badan. 1 - 1,2 gram/kg berat badan khusus yang berusia 65 tahun ke atas.
  • 1,4 - 2 gram/kg berat badan untuk atlet.

3. Tambah konsumsi serat

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang ketiga adalah menambah konsumsi serat. Serat membantu menstabilkan gula darah, mengosongkan perut, dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Salah satu asupan serat yang baik dikonsumsi saat menurunkan berat badan adalah sayur.

4. Olahraga

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang keempat adalah rutin olahraga. Menurunkan berat badan lebih efektif jika dilakukan dengan olahraga. Salah satunya latihan kardio 3 kali seminggu.

Dilansir dari Healthline, penelitian yang dilakukan pada 141 oang dewasa menemukan bahwa 40 menit latihan kardio 3 kali dalam seminggu dapat membantu menurunkan berat badan hingga 9 persen.

5. Menghitung kalori

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang kelima adalah menghitung kalori. Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan menghitung kalori dapat menurunkan berat badan hingga 3,3 kg. Anda bisa mencatat asupan makanan yang dikonsumsi melalui jurnal makanan atau aplikasi.

6. Makan perlahan

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang keenam adalah makan perlahan-lahan. Menikmati makanan secara perlahan juga bisa membantu menurunkan berat badan. Studi menemukan bahwa makan perlahan menurunkan asupan kalori hingga 10 persen, meningkatkan konsumsi air, dan memberikan rasa kenyang yang lebih bsar.

7. Hindari minuman manis

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang ketujuh adalah menghindari minuman manis. Minuman manis sering kali mengandung gula dan kalori ekstra yang bisa menggagalkan penurunan berat badan. Cobalah mengganti minuman manis itu dengan konsumsi air putih. Menurut Cleveland Clinic, konsumsi air putih disarankan sebanyak 8 gelas atau 64 ons per hari.

8. Tidur cukup

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang kedelapan adalah tidur cukup. Mengatur jam tidur dan menerampakan jadwal tidur yang teratur merupakan faktor penting untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari eatthis, pakar medis Mike Bohl mengatakan, seseorang yang makan terlalu larut cenderung meningkatkan lapar sehingga mengonsumsi lebih banyak makanan.

9. Mengelola stres

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang kesembilan adalah mengelola stress. Stres yang terjadi terus menerus membuat hormon kortisol bertahan lebih lama di dalam darah. Akibatnya, nafsu makan akan semakin bertambah dan menggagalkan penurunan berat badan.

Menurut Medical News Today, cara mengelola stres bisa dilakukan melalui sejumlah kegiatan, seperti yoga atau berjalan-jalan.

Itulah jawaban dari pertanyaan "apakah jeruk nipis bisa menurunkan berat badan". Jadi, jangan hanya minum perasan jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Lakukan 9 cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 15 kg di atas dan rasakan hasilnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "9 Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg", dan"Air Jeruk Nipis Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×