Apakah Anda mengalami long covid? Ini cara mengetahuinya

Selasa, 28 September 2021 | 12:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Apakah Anda mengalami long covid? Ini cara mengetahuinya

ILUSTRASI. Sesak nafas berisiko menjadi long covid bisa terus Anda alami dalam jangka waktu lama.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Long covid adalah salah satu efek Virus Corona yang bisa Anda alami. Tentu saja kondisi itu cukup mengganggu kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari. Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir karena dengan penanganan yang tepat, kondisi itu dapat teratasi dengan baik.

Sampai saat ini, belum ada pemeriksaan yang secara resmi digunakan untuk mendiagnosa apakah Anda mengalami long covid atau tidak. Namun, ada satu hal yang bisa Anda jadikan acuan untuk melihat risiko long covid.

Mengutip dari Sowetan Live (sowetanlive.co.za), long covid biasanya ditandai dengan gejala Virus Corona yang tak kunjung hilang selama lebih dari 4 minggu. Ciri-ciri Virus Corona masih terus Anda alami, meski Anda sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Baca Juga: 5 Kondisi yang bisa jadi long covid, Anda wajib tahu

Kondisi yang Anda alami juga semakin parah karena jenis penyakit lain yang telah Anda alami sebelumnya. Beberapa jenis penyakit yang dimaksud adalah TBC, diabetes, penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan lain-lain.

Jenis-jenis long covid yang biasa dialami oleh banyak orang adalah sakit kepala, sesak napas, batuk, brain fog, atau gangguan memori. Jika terus dibiarkan, kondisi-kondisi itu dapat berpengaruh pada kesehatan mental Anda.

Baca Juga: Setelah satu tahun, gejala virus corona ini justru semakin banyak terjadi

Melansir Sowetan Live, jangan ragu untuk menghubungi tenaga kesehatan apabila gejala Covid-19 terus Anda alami. Nantinya, dokter akan memberikan perawatan yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh Anda.

Supaya efek infeksi Virus Corona dapat berkurang, jangan ragu untuk segera mendapat vaksin Covid-19, ya. Saat terinfeksi pun, vaksin mampu menurunkan gejala dan risiko kematian akibat Virus Corona. jangan lupa pula untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Selanjutnya: 4 Makanan ini bisa mengurangi efek samping vaksin Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru