Apa Nama Golongan Darah yang Baru Ditemukan Ilmuwan?

Jumat, 07 Oktober 2022 | 10:29 WIB Sumber: Kompas.com
Apa Nama Golongan Darah yang Baru Ditemukan Ilmuwan?

ILUSTRASI. Beberapa ilmuwan mendapatkan temuan baru yang penting untuk diperhatikan, yaitu sebuah kelompok golongan darah baru. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengetahui jenis golongan darah merupakan hal yang penting bagi setiap orang. Pasalnya, jika suatu saat terjadi peristiwa yang mengharuskan adanya tindakan transfusi darah, golongan darah merupakan satu hal yang harus diketahui. 

Di sisi lain, mengetahui golongan darah yang kita miliki bisa membantu kita hidup lebih sehat, merencanakan berbagai program di masa depan, sekaligus mencegah berbagai risiko komplikasi. 

Dilansir dari The Hill, 4 Oktober 2022, baru-baru ini beberapa ilmuwan mendapatkan temuan baru yang penting untuk diperhatikan, yaitu sebuah kelompok golongan darah baru. 

Selain golongan darah yang paling umum dikenal seperti A, B, O, dan Rh, ternyata ada golongan darah lainnya. Golongan darah baru ini, yang diberi nama golongan darah Er, adalah golongan darah ke-44 yang dideskripsikan. 

Secara total, ada lima antigen Er dalam kelompok ini berdasarkan variasi genetik pada protein Piezo1, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Blood. Protein Piezo1 ditemukan pada permukaan sel darah merah. 

Baca Juga: Golongan Darah A, B, dan AB Paling Berisiko Terkena Serangan Jantung, Hati-hati!

Antibodi yang cocok dengan antigen Er dapat menempel padanya dan menyebabkan sel kekebalan menyerang sel yang tidak cocok. Ini juga dapat terjadi dalam kasus lain, di mana golongan darah tidak cocok, dan mengapa dokter dan praktisi kesehatan bekerja untuk menghindari ketidakcocokan ini. 

Antigen Er ditemukan bertahun-tahun yang lalu, tetapi penelitian ini adalah yang pertama untuk menggambarkan mutasi antigen yang berbeda. Ini termasuk dua versi antigen yang sebelumnya tidak diketahui. 

"Menemukan sistem golongan darah baru seperti menemukan planet baru. Ini memperbesar lanskap realitas kita," kata Daniela Hermelin, dari Fakultas Kedokteran Universitas Saint Louis, kepada WIRED. 

Baca Juga: Wajib Dicoba! Diet Ampuh untuk Golongan Darah O

Meski begitu, Hermelin sendiri tidak terlibat dalam penelitian ini. Menurut Hermelin, perbedaan dalam kompatibilitas kelompok Er mungkin jarang terjadi, tetapi penting bagi dokter dan perawat untuk memperhatikan jika mereka mengalami kesulitan mendiagnosis pasien mereka.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Para Ilmuwan Temukan Golongan Darah Baru, Apa Namanya?"
Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Inten Esti Pratiwi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru