kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Antibodi terhadap vaksin Covid-19 bisa turun gara-gara stres


Rabu, 16 Juni 2021 / 12:11 WIB
Antibodi terhadap vaksin Covid-19 bisa turun gara-gara stres


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak faktor yang berpengaruh pada respons antibodi terhadap vaksin Covid-19. Mulai dari usia, gen, penyakit bawaan, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Saat respons antibodi terhadap vaksin turun, efikasi vaksin juga dapat mengalami gangguan.

Sayangnya, ada satu hal lagi yang dapat menurunkan respons antibodi dan tak disadari oleh banyak orang. Melansir Best Life (bestlifeonline.com), stres dapat mengganggu perkembangan antibodi terhadap patogen.

Para peneliti dari Ohio State University mengatakan bahwa tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk membentuk antibodi setelah disuntik vaksin Covid-19 saat Anda mengalami stres tinggi. Selain itu, stres saat divaksin juga dapat menurunkan daya tahan vaksin.

Tidak berhenti sampai di situ, stres tinggi juga mengakibatkan Anda mengalami lebih banyak efek samping. Efek samping itu juga bisa terjadi dalam waktu yang relatif lebih lama. Untuk menghindari hal itu, penting bagi Anda untuk mengelola stres dengan baik.

Baca Juga: Inilah 10 varian baru virus corona hasil mutasi, kenali gejala dan cara mencegahnya

Cobalah untuk menulis jurnal, olahraga, mengonsumsi makanan bergizi, mendapat waktu tidur yang berkualitas, melakukan hobi, dan lain-lain. Tentu saja Anda perlu melakukan kegiatan itu di rumah agar tubuh tetap aman dari infeksi Virus Corona.

Anda juga tidak perlu terlalu khawatir saat akan disuntik vaksin Covid-19. Jika Anda merasa ragu terhadap beberapa hal yang berkaitan dengan vaksin, tak ada salahnya untuk menambah informasi dengan bertanya pada tenaga kesehatan.

Baca Juga: Tak lagi pakai nama negara, ini nama baru beragam virus corona hasil mutasi

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, ya. Usahakan untuk menghindari tempat-tempat dengan risiko penularan Covid-19 tinggi, seperti restoran, kedai kopi, dan tempat umum yang lain.

Jika Anda memang harus mengunjungi tempat-tempat itu, pastikan untuk menjaga jarak dengan orang lain, memakai masker yang sesuai standar, dan menjaga kebersihan tangan. Anda bisa mencuci tangan dengan sabun dan air atau memanfaatkan hand sanitizer.

Selanjutnya: Hal ini bisa menurunkan antibodi tubuh setelah disuntik vaksin Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×