CLOSE [X]

Anda Sedang Program Hamil? Inilah 5 Cara Agar Cepat Hamil

Jumat, 20 Mei 2022 | 11:40 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Anda Sedang Program Hamil? Inilah 5 Cara Agar Cepat Hamil

ILUSTRASI. Cara Agar Cepat Hamil


KONTAN.CO.ID - Bagi pasangan yang baru saja menikah, hadirnya buah hati menjadi suatu hal yang selalu didambakan. 

Peluang setiap wanita untuk hamil setelah berhubungan seks tanpa alat kontrasepsi adalah sekitar 15–25% setiap bulannya.

Peluang terjadinya kehamilan akan semakin besar jika wanita berhubungan seks di masa suburnya, yaitu masa ketika ovarium melepaskan sel telur ke dalam rahim.

Baca Juga: Inilah 7 Vitamin Penting yang Wajib Terpenuhi untuk Ibu Hamil

Menurut pembahasan Pregnant Education, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar cepat hamil, diantaranya sebagi berikut:

1. Hubungan intim pada waktu yang tepat

Cara agar cepat hamil yang pertama adalah dengan melakukan hubugan intim pada waktu yang tepat. Bukan juga harus dilakukan setiap hari.

Waktu yang dianjurkan adalah setiap dua hari sekali, tepat empat hari setelah selesai menstruasi. Sperma memiliki masa hidup antara 3-6 hari setelah dilepaskan. 

2. Mengetahui kapan masa subur

Cara agar cepat hamil yang kedua adalah mengetahui kapan masa subur. Bercinta kala masa subur datang pada wanita menjadi waktu terbaik untuk memiliki anak.

Namun, kondisi tersebut dipengaruhi oleh siklus bulanan menstruasi. Jika siklus haid tidak teratur, sebaiknya catat kapan haid setiap bulannya untuk mempermudah perhitungan. 

3. Cari posisi yang nyaman

Cara agar cepat hamil yang ketiga adalah melakukan hubungan intim dengan mencari posisi yang nyaman. 

Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Jadi, disarankan untuk melakukan hubungan intim dalam waktu dan posisi yang nyaman. 

Baca Juga: Lakukan dengan Rutin! Inilah 5 Olahraga yang Aman Buat Ibu Hamil

4. Perhatikan frekuensi bercinta

Cara agar cepat hamil selanjutnya adalah meningkatkan frekuensi berhubungan intim.

Jika biasanya hanya dilakukan seminggu sekali, saat masa subur Anda bisa melakukannya setiap hari atau 4 kali dalam seminggu.

5. Jalani pola hidup sehat

Cara agar cepat hamil yang terkahir adalah selalu menjalani pola hidup sehat. Caranya dengan memberikan tubuh asupan makanan sehat dengan kandungan tinggi asam folat.

Rutin berolahraga juga perlu dilakukan guna membantu meningkatkan kesuburan Anda dan pasangan. Hindari merokok dan minum alkohol. 

Jika Anda dan pasangan masih belum juga dikaruniai momongan meski telah menerapkan beberapa cara di atas, berkonsultasilah ke dokter untuk menjalani pemeriksaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru