Kesehatan Umum

Anda penderita DBD? Hindari makanan berikut selama proses penyembuhan

Jumat, 24 April 2020 | 16:36 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Anda penderita DBD? Hindari makanan berikut selama proses penyembuhan

ILUSTRASI. Ilustrasi. Makanan yang digoreng


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Musim hujan tiba, penyakit demam berdarah berpotensi menyerang. Bila penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), ada sejumlah makanan dan minuman yang harus dihindari selama proses penyembuhan.

Saat musim hujan, nyamuk aedes aegypti, si pembawa virus demam berdarah rajin bertelur sehingga populasinya meningkat. Nyamuk dengan corak putih hitam ini menjadikan genangan air hujan sebagai tempat bertelur.

Baca Juga: Waspada penyakit DBD, yuk kenali gejala penyakit mematikan ini

Untuk menghindari terkena penyakit ini, Anda bisa melakukan aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 4M.

Pertama, menguras dan membersihkan wadah penampungan air, seperti bak, ember, vas bunga, minimal sekali dalam satu minggu.

Kedua, menutup rapat tempat yang menjadi penampungan air. Dengan begitu, nyamuk tidak bisa masuk dan bertelur di tempat tersebut.

Ketiga, mengubur barang-barang bekas yang sudah tidak bisa dipakai. Opsi lainnya, Anda bisa menyimpan atau meletakkannya dengan arah terbalik. Alhasil, benda-benda itu tidak memuat air hujan.

Keempat, memantau keberadaan jentik nyamuk. Bila menemukan sarang jentik, sebaiknya Anda langsung bersihkan. Sehingga, jentik tidak bisa berkembang menjadi nyamuk dewasa.

Tapi, bila Anda sudah terlanjur terinfeksi virus ini, segera berobat ke dokter. Anda wajib menjalani pengobatan intensif untuk memulihkan tubuh Anda.

Selain itu, Anda pun juga harus selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

"Sebenarnya tidak ada pantangan makan dan minum untuk penderita, tapi sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan agar penyakit tidak makin parah," kata Susanti, Dokter Umum Balai Pengobatan Kompas Gramedia.

Berikut daftar makanan yang harus penderita demam berdarah hindari:

Makanan berminyak dan pedas

Penderita demam berdarah sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih dan pedas. Makanan tersebut akan memicu rasa mual penderita.

Bila penderita mual dan muntah, dikhawatirkan tubuhnya akan semakin lemah karena kurang cairan.

Bila Anda penggemar bakso pedas, nasi padang, dan makanan sejenisnya sebaiknya dihindari dulu. Anda baru bisa menikmati makanan tersebut setelah sembuh dari demam berdarah.

Minuman berkafein

Penderita demam berdarah sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein. "Kafein membuat orang jadi ingin kencing melulu," ujar Dokter Santi.

Asal tahu saja, penderita demam berdarah membutuhkan banyak cairan selama masa pengobatan. Sebagai gantinya, si penderita bisa mengkonsumsi air kelapa.

Mengutip Tribunnews.com, air kelapa mengandung vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan cairan tubuh si penderita.

Opsi lainnya, penderita disarankan untuk minum jus sayuran organik murni. Minuman tersebut mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Bila si penderita meminum jus sayuran secara rutin, bisa mempercepat proses pemulihan. 

Baca Juga: Sedang diet? Ini buah yang bisa membantu menurunkan berat badan

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru