kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anda mencari obat batuk herbal? Pakai 5 bahan alami ini


Senin, 30 Agustus 2021 / 11:14 WIB
Anda mencari obat batuk herbal? Pakai 5 bahan alami ini
ILUSTRASI. Obat batuk herbal bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batuk bisa membuat tubuh tak nyaman sehingga aktivitas Anda sehari-hari dapat terganggu. Salah satu cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi obat batuk herbal. Ada banyak jenis bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk hal itu.

Pertama, Anda perlu mengetahui dulu faktor apa saja yang memicu kemunculan batuk. Alergi, asap rokok, atau infeksi penyakit yang lain bisa membuat Anda batuk. Sebenarnya, batuk bisa hilang dengan sendirinya.

Namun, mengonsumsi beberapa jenis bahan alami dapat membuat proses penyembuhan batuk berjalan lebih cepat. Tidak berhenti sampai di situ, nutrisi yang terdapat dalam bahan-bahan di bawah ini mampu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Jadi, tak ada salahnya untuk dikonsumsi secara rutin. Namun, bukan berarti Anda bisa tidak mengunjungi dokter, ya. Memeriksakan diri ke dokter tetap perlu Anda lakukan. Apalagi jika batuk berlangsung dalam jangka waktu lama dan dibarengi dengan masalah kesehatan yang lain.

Baca Juga: Inilah cara mengatasi flu tanpa minum obat-obatan apotik

Jahe

Jahe adalah salah satu bahan alami yang paling sering digunakan sebagai obat batuk. Mengutip Women’s Health (womanshealthmag.com), kandungan dalam jahe mampu memperkuat sistem pernapasan. Cobalah untuk rutin mengonsumsi air rebusan jahe sampai batuk benar-benar hilang.

Susu Almond

Selain susu sapi, ada banyak jenis susu lain yang bisa Anda konsumsi, misalnya susu almond. Nah, tahukah Anda bahwa susu almond dapat mengobati batuk kering. Kandungan dalam jenis susu itu mampu melumasi tenggorokan sehingga risiko iritasi akibat batuk dapat berkurang.

Cabai

Women’s Health merekomendasikan cabai sebagai obat batuk herbal. Sama seperti jahe, cabai mampu menguatkan sistem pernapasan sehingga batuk pun dapat berkurang. bukan tanpa alasan, manfaat cabai itu datang dari salah satu kandungan yang bernama capsaicin.

Baca Juga: Mudah dibuat sendiri, jus nanas campur madu bisa mengobati batuk

Madu

Madu dan bahan yang lain dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk herbal.

Obat batuk herbal berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah madu. Anda bisa mengonsumsi 1 sdm madu setiap sebelum tidur. Selain dikonsumsi langsung, madu juga bisa Anda campur dengan bahan alami yang lain, seperti air jahe atau teh herbal.

Air Garam

Air garam jadi obat batuk lainnya yang tak boleh Anda lewatkan. Terlebih saat tenggorokan Anda mulai meradang dan terasa sakit. Anda hanya perlu mencampur sedikit garam dalam segelas air hangat kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur.

Selanjutnya: 4 Penyebab batuk berdarah ini bisa Anda alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×