kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anda memiliki benjolan di leher? Ini penyebab umumnya


Senin, 15 November 2021 / 14:44 WIB
Anda memiliki benjolan di leher? Ini penyebab umumnya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Leher juga memegang peranan penting untuk kesehatan Anda. Maka dari itu, kondisinya perlu selalu Anda perhatikan, termasuk jika muncul benjolan di leher. Kondisi itu bisa terjadi karena beberapa alasan.

Selain berperan dalam sistem pernapasan dan peredaran dalam tubuh, banyak hal penting di leher yang berhubungan dengan sistem imun tubuh dan fungsi hormon. 

Karena hal-hal penting itu, masalah sekecil apa pun yang terjadi di sekitar leher bisa menimbulkan rasa tidak nyaman atau memunculkan rasa sakit.

Apabila Anda memiliki benjolan, apalagi di leher, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter, ya. Dengan begitu, dokter bisa melakukan pemeriksaan sehingga diagnosa yang sesuai bisa Anda dapat.

Umumnya, cara menghilangkan benjolan di leher disesuaikan dengan penyebab-penyebab di bawah ini:

Radang amandel

Melansir Oatenn.com, radang amandel bisa membuat bagian leher membengkak. Amandel adalah salah satu bagian dari sistem imun tubuh yang terletak di bagian belakang tenggorokan.

Infeksi virus atau bakterilah yang mebuat amandel Anda meradang. Selain menyebabkan inflamasi, ada banyak gejala radang amandel lain yang dapat terjadi. Mulai dari amandel berwarna merah, sakit tenggorokan, demam, hingga sakit kepala.

Baca Juga: Jus aneka macam bahan ini konon bisa membantu sembuhkan sakit

Kelenjar getah bening

Benjolan di leher bisa terjadi karena kelenjar getah bening yang membengkak.

Bukan lagi jadi rahasia bila benjolan di leher terjadi karena kelenjar getah bening yang membengkak. Kelenjar getah bening adalah bagian dari tubuh Anda yang bertugas untuk melawan infeksi. 

Oatenn.com mengatakan, kelenjar getah bening akan menangkap dan membuang penyebab infeksi sebelum menimbulkan penyakit. Selain memicu pembengkakan, infeksi bakteri atau virus juga membuat Anda mengalami demam, pilek, batuk, dan lain-lain.

Baca Juga: 4 Penyebab mata bengkak ini bisa Anda alami, apa saja?

Kelenjar tiroid

Benjolan di leher juga bisa terjadi karena adanya masalah di kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah salah satu bagian dari sistem endokrin yang berfungsi untuk produksi hormon. Bagian tubuh itulah yang membantu metabolisme tubuh berjalan dengan lancar.

Ada banyak faktor yang menyebabkan masalah pada kelenjar tiroid, misalnya, penyakit hashimoto, kista. Tidak hanya menimbulkan pembengkakan, masalah pada kelenjar tiroid juga ditandai dengan berat badan turun, tremor, hingga detak jantung yang meningkat.

Selanjutnya: Apa itu hemangioma? Ini gejala, penyebab, dan cara mengobatinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×