4 Penyebab mata bengkak ini bisa Anda alami, apa saja?

Rabu, 10 November 2021 | 14:52 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab mata bengkak ini bisa Anda alami, apa saja?

ILUSTRASI. Ada banyak penyebab mata bengkak yang sebaiknya Anda waspadai.


KONTAN.CO.ID - Mata bengkak adalah salah satu kondisi yang umum terjadi dan biasanya bisa hilang dalam waktu singkat. Supaya perawatan yang tepat bisa Anda lakukan, penyebab mata bengkak perlu Anda ketahui.

Soalnya, ada beberapa kasus di mana mata bengkak tidak sembuh dengan cepat. Beberapa faktor yang memicu mata bengkak memang tidak terlalu serius.

Tetapi, bukan berarti Anda tidak perlu ke dokter, ya. Anda tetap perlu membicarakan kondisi Anda ke dokter, apalagi jika mata bengkak terus terjadi dan justru kondisinya semakin parah.

Selain bengkak, gangguan pada mata juga bisa membuat mata berair, merah, dan jenis-jenis iritasi yang lain. Di bawah ini, Anda bisa menemukan beberapa faktor yang mungkin menyebabkan mata Anda membengkak:

Herpes

Very Well Health menyebutkan, herpes bisa menyebabkan infeksi mata yang mana membuat mata Anda membengkak. Meski jarang terjadi, virus yang menyerang korne dapat memicu inflamasi sehingga mata bengkak pun Anda alami.

Baca Juga: 5 Gejala rematik yang tidak boleh Anda abaikan

Pink eye

Pink eye atau biasa dikenal dengan istilah konjungtivitis adalah penyebab mata bengkak yang dapat Anda alami.

Alergi, infeksi virus, atau infeksi bakteri dapat menginfeksi konjungtiva sehingga memicu terjadi inflamasi. Konjungtiva adalah selaput tipis yang melindungi bagian putih mata.

Selain membuat mata bengkak, ada banyak gejala pink eye lainnya yang dapat terjadi. Mulai dari meningkatnya produksi lendir di bagian mata, mata menjadi merah dan iritasi, hingga muncul rasa gatal di bagian mata.

Bintitan

Bintitan termasuk salah satu penyebab mata bengkak.

Bintitan adalah penyebab mata bengkak selanjutnya yang perlu Anda waspadai. Kondisi itu terjadi ketika bakteri menginfeksi kelenjar minyak yang berada di kelopak mata.

Benjolan yang muncul di sekitar mata biasanya terasa gatal dan sakit. Anda juga jadi lebih sensitif terhadap cahaya ketika menderita binititan.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri gula darah tinggi, biar makin waspada terhadap diabetes

Alergi

Mengutip dari Very Well Health, mata bengkak juga bisa terjadi karena alergi. Selain membuat mata bengkak, alergi juga membuat mata iritasi yang mana mengganggu kegiatan sehari-hari Anda.

Ada banyak alergen yang bisa menimbulkan alergi, salah satunya adalah serbuk bunga.

Untuk mengobati alergi mata, Anda perlu obat antihistamin. Selain itu, Anda juga bisa memeriksakan diri ke dokter supaya bisa mendapat saran obat yang sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh Anda.

Selanjutnya: 4 Cara mengobati mata bengkak dari ahli penyakit kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru