4 Cara mengobati mata bengkak dari ahli penyakit kulit

Jumat, 05 November 2021 | 13:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengobati mata bengkak dari ahli penyakit kulit

ILUSTRASI. Supaya tak bertambah parah, cobalah untuk segera mempraktikkan cara mengobati mata bengkak.


KONTAN.CO.ID - Semua orang bisa mengalami mata bengkak. Jika Anda mengalami masalah tersebut, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara mengobati mata bengkak dalam artikel ini.

Penyebab mata bengkak bisa karena menangis terlalu lama, infeksi, atau faktor yang lain. Tapi, ada sejumlah cara mengobati mata bengkak, lo. 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan kompres dingin. Melansir Insider, kompres dingin bisa mengecilkan pembuluh darah sehingga cairan yang menumpuk dan membuat mata bengkak bisa hilang.

Kompres dingin juga efektif menghilangkan mata panda atau lingkar hitam di bawah mata. Anda hanya perlu memakainya selama minimal 10 menit secara teratur.

Selain kompres dingin, tentunya masih banyak obat mata bengkak lain yang bisa Anda jadikan opsi.

Obat alergi

Mata bengkak bisa jadi salah satu gejala alergi. Biasanya, mata bengkak karena alergi dibarengi dengan kondisi yang lain, misalnya muncul rasa gatal dan warna kulit kemerahan.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan penggunaan obat alergi.

Baca Juga: Cara mencegah mata katarak, lakukan sejak usia 40 tahun

Pakai timun

Salah satu cara mengobati mata bengkak adalah pakai timun.

Cara mengobati mata bengkak selanjutnya bisa Anda coba dengan memakai timun. Antioksidan dalam timun efektif meredakan inflamasi sehingga pembengkakan di sekitar mata bisa berkurang.

Selain timun, Anda juga bisa menggantinya dengan kentang.

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan tidak sulit. Pertama, potong timun atau kentang menjadi irisan tipis. Kemudian, masukkan ke kulkas sampai dingin.

Setelah itu, aplikasikan timun atau kentang di atas mata bengkak selama 10 sampai 15 menit. Terus lakukan cara tersebut sampai mata bengkak sembuh.

Hindari garam dan alkohol

Menurut Insider, garam dan alkohol bisa meningkatkan retensi air sehingga mata bengkak pun menjadi lebih parah. Sebaiknya, jangan konsumsi 2300 mg garam per hari.

Konsumsi alkohol juga perlu Anda lakukan dalam porsi yang tidak berlebihan.

Baca Juga: 7 Sayuran yang efektif menurunkan asam urat tinggi

Perbaiki kebiasaan tidur

Memperbaiki kebiasaan tidur termasuk cara mengobati mata bengkak.

Cara mengobati mata bengkak lainnya yang sebaiknya Anda coba adalah dengan memperbaiki kebiasaan tidur. Biasanya, mata bengkak terjadi karena Anda kurang tidur atau waktu istirahat di malam hari terganggu.

Supaya hal itu tak terus terjadi, usahakan untuk tidur tujuh hingga sembilan jam per hari. Anda juga perlu mengatur perlengkapan tidur, seperti bantal dan guling, serta suasana kamar tidur supaya kualitas tidur bisa maksimum.

Selanjutnya: Mudah dilakukan, begini 4 cara menghilangkan kutu rambut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru