Anda cegukan terus-menerus? Atasi dengan 5 cara ini

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:47 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anda cegukan terus-menerus? Atasi dengan 5 cara ini

ILUSTRASI. Minum air dingin bisa jadi cara mengatasi cegukan terus-menerus.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cegukan biasanya bisa hilang dengan sendirinya. Namun, ada beberapa kasus di mana cegukan terus-menerus terjadi. Selain membuat tak nyaman, cegukan yang terjadi dalam jangka waktu lama juga tak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Berbagai macam faktor dapat membuat Anda cegukan. Mulai dari makan atau minum terlalu cepat, mengonsumsi makanan pedas, minuman beralkohol, atau minuman berkarbonasi, berada di lingkungan dengan suhu yang berubah secara tiba-tiba, hingga stres yang tak terkelola dengan baik.

Beberapa cara di bawah ini bisa Anda coba untuk mengatasi cegukan. Namun, apabila cegukan tak kunjung hilang dalam kurun waktu lebih dari 48 jam, usahakan untuk langsung memeriksakan diri ke dokter, ya. Hal itu bisa membantu Anda mendapat perawatan yang tepat.

Tahan Napas

Mengutip dari Healthline (healthline.com), menahan napas bisa jadi salah satu cara untuk menghentikan cegukan. Pertama, hirup napas dalam-dalam lalu tahan napas itu selama 10 sampai 20 detik. Kemudian, embuskan napas secara perlahan. Ulangi cara tersebut beberapa kali sampai cegukan hilang.

Baca Juga: Inilah 4 penyebab cegukan yang sebaiknya Anda waspadai

Minum Air Dingin

Cegukan terus-menerus juga bisa Anda atasi dengan minum air dingin. minumlah air dingin secara perlahan. Dengan begitu, saraf vagus dapat terstimulasi sehingga cegukan bisa berhenti. Anda bisa melakukan cara tersebut beberapa kali dalam sehari sampai cegukan berkurang.

Makan Gula

Makan gula bisa mengatasi cegukan terus-menerus.

Tahukah Anda bahwa makan gula dapat dijadikan salah satu opsi menghentikan cegukan? Anda perlu mengulus sejumput gula selama lima hingga 10 detik kemudian telan gula tersebut. Namun, usahakan untuk tidak mengonsumsi gula secara berlebihan, ya.

Baca Juga: Mudah ditemukan, coba 4 obat herbal asam lambung ini

Manfaatkan Lemon

Mengisap lemon termasuk cara mengatasi cegukan terus-menerus.

Lemon pun dapat Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi cegukan terus-menerus, lo. Anda hanya perlu mengisap seiris lemon. Karena kandungan asam dalam lemon yang cukup tinggi, jangan lupa untuk berkumur dengan air setelah mengisap lemon, ya. Dengan begitu, kesehatan gigi tetap terjaga.

Isap Es Batu

Selain mengisap lemon, Healthline merekomendasikan Anda untuk mengatasi cegukan dengan mengisap es batu. Isap es batu selama beberapa saat. Ketika ukuran es batu tak terlalu besar, telan es batu tersebut.

Selanjutnya: 5 Penyebab cegukan yang bisa Anda alami, apa saja?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru